Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips membeli printer untuk komputer atau laptop

Komputer biasa harus memiliki printer untuk menunjang produktifitas. Saat teman-teman membeli printer, maka perlu memeriksa semua fungsi printer komputer.

4 Tips membeli printer untuk komputer atau laptop

Jenis printer yang digunakan adalah salah satu properti yang perlu dipertimbangkan. Ini termasuk kualitas cetak dan kecepatan cetak. Beberapa layanan, termasuk pemindaian dan faks, juga dapat dijalankan dari printer. Dalam artikel ini teman-teman dapat melihat fungsi-fungsi printer komputer ini.

Jenis print


Jenis printer adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan saat membeli printer. Printer dot matrix masih digunakan di beberapa tempat. Printer ini dapat mencetak pixel untuk membentuk satu gambar.

Namun, teknologi printer yang lebih maju saat ini sudah tersedia, misalnya, printer berbasis toner yang menggunakan listrik statis untuk mengirimkan toner ke kertas cetak, dan kemudian menggunakan panas untuk menempelkannya di atas kertas.

Printer inkjet adalah printer yang paling umum di pasaran. Di sini titik-titik kecil tinta dicetak pada selembar kertas. Setiap titik tinta terikat oleh muatan listrik kecil.

Printer laser juga menjadi semakin populer. Printer ini dapat bekerja dengan toner karena LED pada printer dapat menempelkan toner ke kertas.

Printer tanpa tinta juga sedang dikembangkan. Kristal pewarna digunakan untuk memanaskan area di antara dua lapisan kertas. Namun, printer ini masih dipertimbangkan lagi kelanjutannya karena diketahui bahwa hasilnya cepat memudar.

Kualitas cetak


Hal penting lain dari printer komputer yang harus dipertimbangkan adalah kualitas cetak. Kualitas yang dapat diproses printer diukur dengan dpi atau dots per inch.

Nilai dpi didasarkan pada kemampuan printer untuk mencetak gambar berkualitas tinggi. Misalnya, printer biasa yang ada di pasaran memiliki dpi 600 x 600. Ini berarti ada 600 titik per inci di bagian vertikal dan horizontal halaman.

Selain itu ada juga printer yang memiliki dpi 4800 x 1200 menjadi standar dengan beberapa printer kelas high-end, dan beberapa bahkan mencapai 9600x2400 dpi.

Kecepatan printer


Kecepatan printer adalah fitur penting lainnya dari printer komputer. Jumlah halaman per menit yang dapat dicetak mengukur kecepatan.

Kecepatan ini tergantung pada berapa halaman hitam putih atau warna yang dapat dicetak per menit. Misalnya, beberapa printer dapat memproses hingga tiga puluh halaman hitam putih dalam satu menit dan delapan halaman berwarna dalam satu menit.

Fungsi scan dan fax


Fungsi printer lain yang perlu dipertimbangkan saat membeli printer adalah apakah dapat digunakan untuk scan dan mengirimkan fax. Beberapa printer dapat memproses teknologi pemindaian atau faks.

Beberapa juga dapat menyalin halaman langsung dari printer tanpa terhubung ke perangkat apapun. Beberapa printer baru ini juga menawarkan pencetakan label CD dan DVD.

Nah, ini adalah fitur-fitur printer komputer yang harus teman-teman pikirkan ketika membeli printer baru. Jenis printer, kualitas cetak, dan kecepatan printer adalah hal penting yang harus dipertimbangkan.

Layanan tambahan juga dapat dipertimbangkan. Dengan pertimbangan-pertimbangan ini membuat lebih mudah untuk menemukan printer yang cocok untuk kebutuhan spesifik setiap orang.


Posting Komentar untuk "4 Tips membeli printer untuk komputer atau laptop"