Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan cara kerja teknologi fiber optik

Fiber optik mungkin banyak digunakan di jaringan internet baik kantor atau bahkan dirumah teman-teman. Jika teman-teman selama ini hanya menggunakan internet dengan fiber optik, alangkah baiknya jika memahami juga bagaimana data di internet bisa teman-teman akses, termasuk adanya fiber optik sebagai perantaranya.

Jenis dan cara kerja teknologi fiber optik

Memahami bagaimana serat optik dibuat dan berfungsi untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah karya seni yang menarik dikombinasikan dengan sains.
Cara kerja fiber optik

Serat optik terbuat dari bahan pemancar cahaya dan terbuat dari kaca yang sangat tipis atau serat plastik yang tertutup tabung. Satu ujung berada di sumber cahaya dan ujung lainnya adalah lensa kamera, digunakan untuk mengirimkan cahaya dan gambar di sekitar sudut dan sudut.

Serat optik memiliki inti kaca yang sangat transparan, atau plastik yang melilit penutup yang disebut "pelapis". Cahaya dirangsang melalui sumber di salah satu ujung serat optik dan saat cahaya bergerak melalui tabung, lapisan ini menjaga agar cahaya tetap di dalam.

Bundel serat optik dapat ditekuk atau dipelintir tanpa mengubah gambar, karena lapisan dirancang untuk mencerminkan gambar yang diterangi dari dalam. Sumber cahaya serat optik ini dapat membawa cahaya ke jarak massa, mulai dari beberapa inci hingga lebih dari 100 mil.

Jenis fiber optik


Ada dua jenis serat optik. Serat optik mode tunggal digunakan untuk transmisi kecepatan tinggi dan jarak jauh karena mereka memiliki inti yang sangat kecil dan hanya menerima cahaya di sepanjang sumbu serat.

Sebuah laser kecil mengirimkan cahaya langsung ke serat optik di mana ada konektor low-loss yang digunakan untuk bergabung dengan serat dalam sistem, tanpa mengurangi sinyal cahaya.

Ada berbagai mode yang memiliki inti lebih besar dan menerima lebih banyak cahaya dari sudut yang berbeda dan dapat menggunakan lebih banyak jenis sumber cahaya.
Serat optik multi-mode juga menggunakan konektor yang lebih murah, tetapi tidak dapat digunakan dari jarak jauh seperti serat optik mode tunggal.

Kegunaan fiber optik


Serat optik memiliki banyak kegunaan. Paling umum dan banyak digunakan dalam sistem komunikasi, sistem komunikasi serat optik memiliki banyak fitur yang membuatnya lebih unggul daripada sistem kabel tembaga tradisional.

Penggunaan serat optik dengan sistem ini memanfaatkan kapasitas pengiriman informasi yang lebih besar, tanpa terganggu oleh gangguan listrik, dan membutuhkan penguat yang lebih sedikit daripada sistem kabel tembaga.

Sistem komunikasi serat optik dipasang pada jaringan besar jaringan serat optik di seluruh dunia dan bahkan di bawah lautan.

Dalam sistem komunikasi serat optik, laser digunakan untuk mengirimkan pesan dalam kode numerik dengan menghidupkan dan mematikan dengan kecepatan tinggi. Kode ini dapat membentuk suara elektronik atau file yang berisi teks, angka, atau ilustrasi, semuanya menggunakan serat optik.

Cahaya dari banyak laser ditambahkan menjadi satu serat optik yang memungkinkan ribuan aliran data melewati satu kabel serat optik pada satu waktu. Data ini bergerak melalui serat optik dan ke alat interpretasi untuk mengubah pesan kembali ke bentuk sinyal aslinya.

Selain itu serat optik juga banyak digunakan untuk mengukur suhu, tekanan, akselerasi dan tegangan.

Demikian beberapa informasi tentang bagaimana fiber optik bekerja. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Jenis dan cara kerja teknologi fiber optik"