Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips membeli monitor untuk komputer

Monitor merupakan komponen penting untuk setiap komputer. Ini karena secara visual membuat dunia komputer lebih dekat dengan penggunanya yaitu manusia. Ada banyak hal yang dapat digunakan pada monitor komputer. Hal-hal yang harus diperhatikan dari monitor komputer termasuk resolusi layar, ukuran, jenis layar, dan kualitas monitor. Ukuran piksel pada monitor juga harus diperhitungkan ketika akan membeli monitor komputer.

4 Tips membeli monitor untuk komputer

Resolusi monitor


Hal pertama yang perlu dipertimbangkan pada monitor komputer adalah kualitas resolusi. Resolusi didasarkan pada jumlah piksel pada layar. Jika ada lebih banyak piksel pada monitor, resolusinya lebih baik.

Misalnya, monitor dengan resolusi 1600 x 1280 lebih baik daripada monitor dengan resolusi 1280 x 1024. Dalam penulisan resolusi biasanya jumlah piksel horizontal berada di posisi pertama, diikuti oleh angka vertikal.

Ukuran monitor


Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan pada monitor komputer adalah ukuran monitor. Ukuran monitor mengacu pada ukuran layar dengan pengukuran diagonal. Monitor 16 inci merupakan ukuran umum yang banyak digunakan, tetapi banyak ukuran lain yang lebih besar yang bisa menjadi pilihan saat membeli monitor.

Saat mencari monitor dengan ukuran layar yang tepat, teman-teman perlu mempertimbangkan kemampuan pengelihatan dalam membaca apa yang ada di monitor.

Perlu dicatat bahwa jenis layar memiliki pengaruh pada warna monitor. Teknologi monitor telah berkembang jauh, semakin terbaru jenis teknologinya maka semakin bagus juga tampilan warna pada monitor.

Jika dulu komputer menggunakan monitor tabung, kemudian berkembang menjadi LCD, dan saat ini banyak monitor yang telah menggunakan teknologi LED.

Kualitas refresh monitor


Kualitas refresh monitor adalah hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika membeli monitor komputer. Ini mengacu pada jumlah pemindaian vertikal terbesar yang dapat dihasilkan monitor. Monitor tipikal memiliki kisaran tujuh hingga dua ratus pemindaian vertikal per detik.

Jika monitor memiliki jumlah pemindaian vertikal yang lebih tinggi per detik, maka teman-teman dapat memperbarui informasi yang dikandungnya lebih cepat. Ada sedikit kedipan jika lebih banyak pemindaian vertikal dilakukan dalam satu detik.

Ukuran piksel


Meskipun jumlah piksel pada monitor adalah salah satu hal yang perlu dipikirkan, namun teman-teman juga harus mempertimbangkan ukuran setiap piksel. Setiap piksel memiliki jumlah milimeter tertentu. Ukuran menentukan jarak titik pada monitor.

Waypoint untuk monitor berkualitas adalah 0,25. Ini berarti bahwa pikselnya sangat kecil dan ukurannya kurang dari satu milimeter. Jika waypoint lebih kecil, monitor umumnya lebih baik. Ini berarti bahwa resolusi yang lebih tinggi dapat dicapai pada monitor yang lebih kecil.

Itu yang seharusnya teman-teman cari perhatikan saat membeli monitor komputer. Resolusi, ukuran, kualitas refresh, tampilan dan ukuran piksel harus diperhitungkan saat membeli monitor komputer. Karena tidak semua monitor komputer sama, sehingga penting untuk menganalisis semua aspek ini agar lebih mudah untuk menemukan monitor yang cocok untuk kebutuhan teman-teman.

Posting Komentar untuk "4 Tips membeli monitor untuk komputer"