Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang pekerjaan sebagai desain grafis offline dan online

Pekerjaan desain grafis diharapkan menjadi salah satu peluang pekerjaan terbesar dan paling cepat seiring pesatnya media digital. Sebagian besar pekerjaan ini berada pekerjaan desain grafis media cetak atau digital, desain situs web, dan desain animasi komputer.

Peluang pekerjaan sebagai desain grafis offline dan online

Persaingan pekerjaan desain grafis juga semakin tajam, meskipun banyak pekerjaan tersedia bagi seseorang yang mengejar pekerjaan di bidang desain grafis.

Ini karena desain grafis adalah bidang studi yang populer, dan banyak orang mengejar desain grafis sebagai karier, hobi, atau pekerjaan paruh waktu lepas (freelance).

Umumnya pekerjaan desain grafis komputer memerlukan gelar sarjana empat tahun atau pendidikan SMK tiga tahun. Meski banyak orang yang menjalani pekerjaan desain grafis tanpa pendidikan formal, kemampuan yang didapatkan dari otodidak. Namun penting untuk memahami perlunya pendidikan formal jika teman-teman ingin mengejar pekerjaan di bidang desain grafis.

Mingkin sekitar tiga puluh persen dari mereka yang menggeluti desain grafis bekerja secara mandiri sebagai freelancer.

Banyak yang mengerjakan pekerjaan desain grafis freelancer, namun mereka juga memegang pekerjaan tetap baik itu desain grafis atau pekerjaan lainnya.

Pekerjaan lepas (freelance) jelas merupakan pilihan yang layak bagi mereka yang mengejar pekerjaan desain grafis, karena biasanya usaha kecil dan personal memiliki banyak kebutuhan layanan desain grafis, tetapi tidak mampu menggaji karyawan tetap untuk pekerjaan desain grafis.

Ada banyak pekerjaan lain dibidang desain grafis komputer. Teman-teman dapat mencari pekerjaan desain grafis misalnya media cetak atau audio, televisi atau media film, penerbitan buku atau majalah, hingga media digital.

Teman-teman juga dapat mencari pekerjaan desain grafis di perusahaan umum, karena saat ini perusahaan membutuhkan seorang desain grafis untuk membuat media penjualan mereka baik cetak atau juga online.

Selain itu teman-teman dapat mencari pekerjaan desain grafis sebagai freelancer. Dengan menjadi seorang freelancer akan memberi beragam pekerjaan, tetapi butuh bekerja keras agar klien tetap menggunakan layanan teman-teman lagi. Dengan demikian teman-teman akan memiliki pekerjaan yang stabil dan juga pendapatan yang terus mengalir.

Jika teman-teman ingin bekerja sebagai desain grafis kemudian hanya mengandalkan pendidikan formal dan pengetahuan saja, mungkin hal ini tidak akan cukup.

Teman-teman perlu mengembangkan keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak desain grafis komputer dan keterampilan terkait komputer lainnya.

Teman-teman juga perlu mengembangkan portofolio, yang merupakan kumpulan karya desain grafis komputer terbaik yang pernah teman-teman hasilkan. Portofolio desain grafis komputer ini seringkali menjadi faktor penentu siapa yang mendapatkan pekerjaan dan siapa yang masih menunggu untuk memulai pekerjaan desain grafis.

Setelah teman-teman menyelesaikan pendidikan formal desain grafis baik kuliah atau sekolah kejuruan, langkah selanjutnya dalam mengejar pekerjaan ini, teman-teman harus menemukan pekerjaan pertama untuk level pemula.

Pekerjaan desain grafis dapat ditemukan melalui situs lowongan pekerjaan online, melalui sosial media, bahkan media cetak. Teman-teman juga bisa mengunjungi website perusahaan, biasanya mereka membuka lowongan kerja dari website resminya.

Cara lainnya yaitu dengan mengikuti bursa kerja yang diadakan di kampus atau sekolah. Biasanya perusahaan melakukan rekrutmen langsung datang ke sekolah atau kampus.

Selain itu, pekerjaan desain grafis freelance dapat ditemukan melalui situs situs freelancer baik untuk lokal atau juga internasional.

Dengan kemajuan media online saat ini akan memudahkan teman-teman dalam melamar pekerjaan karena tidak perlu langsung untuk datang ke kantor perusahaan yang merekrut. Untuk wawancara pun biasanya bisa dilakukan melalui video call atau video conference, yang mungkinkan teman-teman melamar pekerjaan di perusahaan yang jauh bahkan di luar negeri sekalipun.

Demikian informasi tentang pekerjaan desain grafis ini. Jika teman-teman memiliki informasi atau pengalaman kerja desain grafis, mungkin teman-teman bisa membagikan info atau pengalamannya di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Peluang pekerjaan sebagai desain grafis offline dan online"