Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Google Adsense dan apa keuntungannya bagi publisher?

Google adsense adalah layanan iklan google yang berfungsi untuk menayangkan iklan di media yang dimiliki oleh publisher. Namun untuk memahami lebih dalam mengapa google adsense ini ada, teman-teman saya ajak melihat kebalakang untuk melihat bagaimana munculnya google adsense ini.

Apa itu Google Adsense dan apa keuntungannya bagi publisher?
Jika teman-teman melihat Internet beberapa tahun yang lalu, maka teman-teman akan menjumpai bahwa iklan internet sangat mirip dengan jenis media lainnya, seperti televisi, atau bahkan lebih mirip koran.

Iklan-iklan pertama di internet terpasang di website dengan bentuk iklan banner dengan ukuran yang besar. Iklan-iklan dulu ditampilkan untuk mempromosikan produk-produk dari perusahaan. Ini artinya perusahaan yang memasang iklan banner akan membayarkan sejumlah uang untuk menyewa ruang iklan di website.

Dulu banyak masalah yang dihadapi pengguna internet yaitu iklan yang membingungkan. Misalnya saja saat pengguna internet berkunjung ke website jam tangan, namun iklan-iklan yang ditayangkan di website tersebut adalah iklan mobil. Ini merupaka masalah iklan yang tidak sesuai dengan isi dari website yang dikunjungi oleh pengguna internet.

Meski mungkin suatu saat pengguna internet ingin membeli mobil, namun jika saat ini sedang mencari informasi untuk jam tangan alangkah baiknya jika iklan yang ditayangkan juga yang menawarkan jam tangan. Sehingga pengguna internet akan melakukan klik iklan jam tangan yang tayang, karena sesuai dengan apa yang diinginkan.

Nah, berangkat dari masalah-masalah sederna sepert ini maka Google yang saat itu juga sudah termasuk perusaan besar memunculkan ide untuk membuat layanan iklan yang tertarget dan sesuai dengan konten website. Oleh Google iklan yang relevan dan tertarget ini dinamakan dengan Google Adsense.

Hadirnya google adsense ini bisa memberikan manfaat tidak hanya untuk google saja, tapi juga untuk publisher dan juga pengiklan (advertiser).

Untuk publisher, dulu mungkin iklan adsense terbatas penggunaannya yaitu pada website atau blog saja. Namun kini google adsense bisa dipasang di beberapa media milik google, selain website juga bisa digunakan di video youtube, dan juga game atau aplikasi android.

Hadirnya google adsense ini membuat publisher tidak perlu mencari pengiklan yang sesuai dengan konten yang dihasilkan. Jadi publisher fokus untuk membuat konten digital, sementara iklan bisa langsung ditayangkan melalui google adsense. Selain itu iklan yang tayang di media publisher tentunya sesuai atau relevan dengan konten yang dihasilkan.

Hal pertama yang perlu dilakukan publisher untuk bergabung dengan layanan google adsense yaitu dengan melakukan pendaftaran. Saya sendiri mendaftarkan akun google adsense pertama dengan blog yang saya miliki, yaitu dengan mendaftarkan domain blog saya dan memasukan kode adsense di blog.

Setelah itu tim google adsense akan melakukan ulasan blog saya apakah layak untuk dipasang iklan atau tidak. Setelah beberapa waktu, google adsense memberikan pemberitahuan melalui email jika mereka bersedia menayangkan iklan adsense di blog saya.

Saat ini standart google adsense cukup tinggi, karena banyaknya publihser yang bergabung. Jadi google adsense akan benar-benar memperhatikan kualitas dan kuantitas konten yang dihasilkan, desain web atau blog, bahkan juga tingkat traffic.

Selain menguntungkan publisher, google adsense juga memberikan manfaat besar bagi pengiklan. Ini karena iklannya akan tayang sesuai dengan target pasar yang mereka pilih. Jika beriklan mobil, tentunya akan tayang di website atau blog yang memiliki konten tentang mobil. Jadi peluang pengunjung web atau blog tersebut untuk melakukan klik iklan sangat besar dan bisa jadi mereka juga akan membeli produk mobil yang diiklankan.

Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan google adsense ini, namun dalam artikel ini saya hanya menjelaskan bagaimana adsense muncul dan manfaatnya bagi publisher serta advertiser. Jika teman-teman punya pendapat yang berbeda, mungkin teman-teman bisa berbagi informasi untuk pembaca lainnya di kolom komentar. Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Apa itu Google Adsense dan apa keuntungannya bagi publisher?"