Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat buah acai beri untuk melawan sel kanker

Acai beri adalah buah yang mengandung nutrisi penting yang berdampak positif bagi kesehatan. Banyak penelitian yang telah dilakukan pada buah ini. 

acai beri, acai berry, manfaat acai beri, khasiat acai beri

Termasuk sebuah studi dari University of Florida menemukan sesuatu tentang acai berry. Penelitian ini adalah salah satu yang pertama untuk memeriksa banyaknya klaim yang terkait dengan buah acai beri.

Dalam penelitian ini, enam ekstrak kimia berbeda dibuat dari bubur acai berry, dan masing-masing ekstrak dibuat dalam tujuh kekuatan.

Setidaknya 4 dari ekstrak ini mengurangi jumlah sel kanker jika digunakan selama 24 jam atau lebih. Terbukti bahwa 35% hingga 86% sel kanker dapat dikalahkan, tergantung pada ekstrak dan konsentrasi tertentu.

Menurut Stephen Talcott, seorang asisten profesor di Institut UF pada Pangan dan Pertanian, studi ini menemukan bahwa ekstrak acai berry memicu respon penghancuran diri (apoptosis) pada 86% dari sel-sel leukemia yang diuji. Percobaan ini dilakukan pada kultur sel kanker dan bukan pada subyek manusia.

Meski begitu, hasilnya cukup mengejutkan. Dan itu juga telah menarik perhatian banyak perusahaan yang kini menciptakan produk yang mengandung acai berry.

Meskipun Acai berry dianggap sebagai salah satu sumber antioksidan terkaya. Tetapi buah-buahan lain yang kaya antioksidan telah terbukti dapat mengalahkan sel kanker dalam penelitian serupa.

Perlu diketahui bahwa antioksidan adalah zat yang dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. Radikal bebas ini merupakan salah satu penyebab utama kanker. 
Banyak orang percaya bahwa sejumlah antioksidan cukup untuk membuat arus pendek proses ini dengan berinteraksi dan menstabilkan radikal bebas, dan dapat menghentikan kerusakan yang terjadi pada sel-sel sehat.

Banyak pernyataan anekdotal telah dibuat untuk acai berry. Orang Indian tradisional di hutan hujan Brasil telah menggunakannya dalam berbagai cara, seperti makanan, minuman buatan sendiri, alkohol, diare, penyakit kuning, demam, dan perawatan untuk banyak masalah kesehatan lainnya.

Studi yang dilakukan Universitas Florida adalah langkah pertama dalam membuktikan klaim acai tertentu dengan metode penelitian terkontrol.

Talcott juga menjelaskan bahwa ada banyak klaim yang dibuat, tetapi sebagian besar belum diuji secara ilmiah. Mereka baru mulai memahami kompleksitas acai berry dan efeknya terhadap kesehatan.

Demikian informasi tentang manfaat buah acai beri yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Semoga artikel informatif ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Post a Comment for "Manfaat buah acai beri untuk melawan sel kanker"