Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat makan buah beri mulai kesehatan fisik hingga mental

Buah beri (berry) adalah buah yang jenisnya sangat banyak, dan setiap jenis buah beri pada umumnya telah dipelajari oleh banyak pihak. Hasilnya juga sangat memuaskan, karena dapat dikatakan bahwa semua buah beri dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bagaimana cara kerja buah beri bagi kesehatan manusia? 

buah beri, manfaat buah beri, acai beri, blueberry, stawberry,


Di belahan bumi musim dingin, sebelum musim dingin tiba, beruang hitam hutan menghabiskan seluruh waktunya untuk makan apa pun yang bisa mereka makan. Selama musim panas, beruang akan terus makan, berusaha mendapatkan lemak sebanyak yang mereka bisa. Kemudian dan ketika dingin, mereka menghabiskan waktu untuk tidur selama musim dingin.

Memang, kita tidak disarankan untuk mengikuti kebiasaan beruang yang terlalu banyak makan, tidak melakukan apa-apa, atau sedikit bergerak. Tetapi ada bagian dari kebiasaan beruang hitam yang harus dicoba dan ditiru, karena itu akan baik untuk kesehatan.

Beruang hitam memakan banyak buah beri, dari berbagai varietas, seperti raspberry, stroberi, dan blueberry.

Berry mengandung gula alami dan rasanya lezat. Tidak seperti banyak makanan lain yang benar-benar baik untuk kesehatan yang rasanya tidak enak, tetapi jenis berry ini rasanya enak.

Selama dekade terakhir, para ilmuwan telah mulai memperhatikan banyak manfaat kesehatan dari buah beri. Dan apa yang telah dipelajari para peneliti tentang manfaat kesehatan dari buah beri, adalah bahwa mereka memiliki banyak potensi yang menarik untuk kesehatan manusia.

Salah satu percobaan besar pertama mengenai manfaat kesehatan dari buah beri terjadi di Universitas Tufts. Peneliti bekerja dengan sekelompok tikus tua. Mereka memberi makan kelompok tikus dari berbagai makanan untuk melihat efeknya. Di antara makanan yang diuji adalah stroberi, blueberry dan bayam.

Makanan yang diuji oleh para ilmuwan sangat tinggi antioksidannya, jadi para ilmuwan ingin melihat apakah ada dari makanan ini yang akan meningkatkan kemampuan fisik dan mental tikus tua ini.

Para peneliti menemukan bahwa beberapa makanan ini tampaknya menawarkan perlindungan antioksidan, hanya tikus yang diberi makan blueberry yang benar-benar meningkatkan kemampuan mereka. Tikus yang diberi makan blueberry bisa terlihat seperti tikus yang jauh lebih muda.

Ini adalah temuan yang sangat menarik, dan hal berikutnya yang ingin diketahui para ilmuwan adalah apa yang ada dalam blueberry yang menghasilkan efek yang sangat bermanfaat ini. Ternyata pigmen di kulit blueberry adalah bahan kimia yang bertanggung jawab untuk membuat tikus tua ini lebih muda dan lebih kuat secara mental.

Senyawa yang terkandung dalam beri adalah zat yang memiliki kekuatan anti oksidan yang kuat. Dan antioksidan adalah senyawa yang membantu memperbaiki beberapa kerusakan yang terjadi pada sel-sel tubuh kita setiap hari.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa semakin gelap beri, semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya. Mengkonsumsi blueberry secara rutin akan memberi perlindungan antioksidan.

Pigmen gelap dalam buah ini tampaknya menawarkan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, penyakit mata degeneratif seperti katarak, dan dapat menawarkan bantuan dalam mencegah beberapa jenis kanker dan infeksi kandung kemih.

Jika hasil studi tikus yang menarik berlaku untuk manusia juga, itu bisa berarti bahwa senyawa dalam buah hitam ini dapat membantu melindungi sel-sel otak dari penyakit degeneratif penuaan.

Semua orang bisa mendapatkan perlindungan antioksidan yang luar biasa ini jika makan buah segar, beku, atau kering.

Buah beri bisa dimakan mentah, yang ditambahkan ke makanan favorit, atau diolah menjadi smoothie dengan beragam beri, buah, susu, dan yogurt. 

Blueberry tersedia sepanjang tahun dalam bentuk segar atau beku. Jika tidak bisa mendapatkan buah segar, buah beri kering juga bisa dikonsumsi karena mengandung kadar antioksidan yang sangat pekat.

Jika tinggal di tempat di mana blueberry tidak tersedia, carilah buah-buahan lain yang berwarna ungu gelap atau ungu tua.

Buah-buahan seperti delima, blueberry, ceri, raspberry hitam, manggis, buah naga, juga memiliki pigmen gelap yang sangat berguna. Makanan ini menawarkan manfaat serupa dengan blueberry.

Demikian informasi tentang manfaat mengkonsumsi berbagai jenis buah beri yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Post a Comment for "Manfaat makan buah beri mulai kesehatan fisik hingga mental"