Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melamar kerja dengan jobstreet untuk fresh graduate

Melamar kerja saat ini berbeda dengan dulu, karena saat ini iklan lowongan kerja telah tersedia secara online. Demikian juga dengan cara melamar kerja yang berbeda, yaitu pelamar kerja tidak perlu datang ke perusahaan yang dituju hanya untuk mengantar berkas lamaran kerja.

karir, jobstreet, lowongan kerja, lamaran kerja, info kerja,

Dengan hadirnya kemudahan melamar kerja secara online, lantas membuat peluang mendapatkan kerja semakin mudah? Jawabannya tentu tidak mudah. Karena semua juga bisa melamar kerja secara online, secara otomatis jumlah pesaing juga semakin besar.

Apalagi bagi teman - teman pembaca yang baru lulus sekolah atau kuliah, tantangan mendapatkan pekerjaan semakin besar. Dengan hadirnya website atau aplikasi lamaran kerja online, dari satu sisi memudahkan melamar kerja. Disisi lain juga persaingan semakin tinggi dan semakin ketat.

Dalam artikel ini saya akan berbagi sedikit informasi dan tips melamar kerja melalui website dan aplikasi lamaran kerja online. Tips ini saya tujukan kepada teman-teman yang baru lulus kuliah atau sekolah.

Sedangkan website dan aplikasi lamaran kerja yang saya gunakan adalah jobstreet. Jadi tips ini juga terkait dengan jobstreet ya teman-teman.

Riwayat pendidikan


Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam melamar pekerjaan melalui jobstreet adalah riwayat pendidikan formal yang pernah teman-teman jalani. Teman-teman perlu mencantumkan riwayat pendidikan terakhir hingga pertama kali. Misalnya mulai dari TK hingga kuliah dimana serta masuk dan lulus tahun berapa itu perlu teman-teman cantumkan di aplikasi jobstreet.

Riwayat pendidikan ini biasanya menjadi screening awal (yang dilihat) oleh HRD saat merekrut kandidat yang nantinya akan dijadwalkan untuk wawancara.

Riwayat Organisasi

Selain pendidikan formal, keaktifan teman-teman dalam berorganisasi juga menjadi hal penting untuk dicantumkan dalam aplikasi jobstreet. Disini pengalaman organisasi teman-teman akan menjadi pertimbangan selain nilai akademis saat sekolah atau kuliah.

Biasanya saat berorganisasi tidak hanya kemampuan komunikasi atau kepemimpinan yang dinilai, tapi perusahaan biasanya juga memerlukan channel (jaringan) teman-teman saat berorganisasi.

Pengalaman magang kerja


Karena fresh gradueate atau teman-teman yang baru lulus biasanya belum memiliki pengalaman kerja,  namun paling tidak ada pengalaman magang kerja. Biasanya bagi mahasiswa yang baru lulus mungkin pernah magang kerja, sedangkan teman-teman yang lulusan SMK juga ada magang kerja seperti PSG.

Kemampuan yang dimiliki

Banyak perusahaan yang mungkin lebih melihat kemampuan yang dimiliki oleh pelamar kerja. Sedangkan pendidikan formal menjadi syarat administrasi saja. Jadi jika teman-teman memiliki keterampilan atau kemampuan yang terkait dengan pekerjaan yang dilamar bisa dicantumkan dalam aplikasi jobstreet.

Di jobstreet bahkan menyediakan juga kolom untuk keterampilan kerja yang dimiliki mulai kemampuan komunikasi, hingga penggunaan software tertentu.

Gaji yang diharapkan

Karena masih fresh graduate, lebih baik mengutamakan mencari pengalaman kerja dulu mungkin satu atau dua tahun. Gaji memang penting, namun untuk tahap awal teman-teman bisa masuk bekerja di perusahaan sudah beruntung.

Setelah memiliki pengalaman, teman-teman bisa mempatok gaji yang ingin teman-teman dapatkan dari pekerjaan dan perusahaan yang dilamar.

Resume tambahan


Meski di jobsteet telah tersedia form dan juga aplikasi yang siap diisi untuk melamar kerja. Namun saran saya teman-teman bisa mengunggah (upload) resume yang teman-teman buat sendiri, bisa berupa file pdf atau juga microsoft word. Biar lebih menarik, teman-teman bisa menggunakan desain premium untuk membuat resume (CV) yang di unggah di jobstreet.

Demikian beberapa tips melamar pekerjaan melalui jobstreet yang bisa saya bagikan dalam blog saya ini. Jika teman-temen pembaca ada yang ditanyakan, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara melamar kerja dengan jobstreet untuk fresh graduate"