Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan mengapa asuransi mobil itu mahal

Asuransi mobil cukup mudah untuk didapatkan dengan sistem online, yaitu cukup membandingkan penawaran dengan mengklik tombol dan membayar dengan transfer atau menggunakan kartu kredit untuk perlindungan mobil. Meski sistemnya mudah, namun yang menjadi masalah yaitu mahalnya biaya polis asuransi mobil.

asuransi, asuransi mobil, premi, keuangan, fiansial,

Fakta menunjukan bahwa menggunakan layanan asuransi mobil itu artinya menggabungkan dua prinsip, yang pertama adalah persyaratan hukum dan yang kedua adalah biaya mahal yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan perlindungan mobil. Ini sebabnya kebanyakan dari kita tidak menggunakan asuransi mobil untuk mengurangi pengeluaran keuangan.

Sebelum menggunakan atau membeli asuransi mobil, alangkah baiknya jika mengetahui faktor-faktor apa yang digunakan perusahaan asuransi ketika memutuskan berapa biaya premi kita.

Riwayat berkendara


Mungkin yang mempengaruhi tingkat premi adalah riwayat teman-teman selama menjadi sebagai pengemudi. Jika teman-teman memiliki riwayat kecelakaan, maka secara otomatis biaya premi bisa lebih tinggi.

Lebih buruk lagi, jika teman-teman pernah berurusan dengan hukum yang disebabkan oleh pelanggaran kendaraan bermotor seperti ngebut, atau mengemudi saat berada di bawah pengaruh alkohol. Bisa jadi juga pihak asuransi akan membebankan biaya lebih banyak lagi, terutama jika SIM (surat iziin mengendarai) Anda ditarik.

Di lain sisi, jika teman-teman memiliki riwayat yang bersih seperti tidak pernah mengalami kecelakaan maka ini akan mempengaruhi biaya premi asuransi yang lebih murah.

Jenis mobil


Faktor terpenting berikutnya adalah jenis mobil apa yang ingin teman-teman asuransikan. Secara otomatis, mobil yang lebih mahal akan membutuhkan biaya lebih banyak untuk diganti, sehingga pihak asuransi akan membebankan biaya lebih banyak juga.

Selain itu fitur lain seperti ukuran mesin, ketersediaan suku cadang murah, dan sulitnya perbaikan akan memiliki pengaruh biaya premi asuransi juga.

Biasanya beberapa model mobil terkenal yang lebih mudah dicuri karena harganya tinggi, maka perusahaan asuransi sangat menyadari hal ini dan akan menyesuaikan penawaran harganya juga.

Intensitas menggunakan mobil


Cara teman-teman menggunakan mobil Anda juga akan mempengaruhi biaya yang harus dibayar untuk pertanggungan. Jika teman-teman jarang mengemudi dan memiliki jarak tempuh tahunan yang rendah, maka premi dapat lebih rendah. Ini karena teman-teman tidak banyak menghabiskan waktu di jalanan, sehingga peluangnya kecil untuk mengajukan klaim asuransi.

Ini juga berpengaruh pada biaya premi yang harus dibayar antara kota dan pedesaan itu berbeda. Biasanya pengemudi di area perkotaan mungkin juga harus membayar premi lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang mengemudi di daerah yang lebih tenang seperti daerah pedesaan.

Tempat menyimpan mobil


Lokasi teman-teman menyimpan mobil Anda juga penting dalam menentukan biaya premi asuransi mobil. Jika teman-teman memiliki area parkir yang aman, dalam artian area parkir kendaraan tidak terlihat dan tertutup, maka risiko hilangnya akan menurun, demikian juga biaya premi juga lebih rendah.

Mobil yang diparkir secara teratur di tepi jalan berisiko lebih tinggi dicuri atau terlibat dalam tabrakan, sehingga akan lebih mahal untuk diasuransikan.

Ketertarikan pencuri


Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah seberapa menarik mobil teman-teman bagi pencuri. Mobil mahal dengan sistem keamanan yang baik termasuk alarm, etsa jendela dan sebagainya akan lebih merepotkan bagi pencuri saat menjalankan aksinya. Sehingga mobil jenis ini kecil kemungkinannya untuk dicuri dibandingkan mobil yang lebih murah dengan sedikit atau tanpa sistem keamanan.

Selain itu, sebuah mobil yang menampilkan banyak gadget seperti sistem audio yang mahal atau navigasi satelit akan menarik minat yang lebih besar dari pencuri.

Demikian informasi tentang alasan mahalnya asuransi mobil yang bisa saya bagikan kepada teman-teman pembaca.

Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih baik dan lebih lengkap, maka teman-teman bisa berbagi juga kepada pembaca yang lain dengan berkomentar di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.


Posting Komentar untuk "5 Alasan mengapa asuransi mobil itu mahal"