Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara wawancara kerja yang mengesankan

Bekerja memang suatu kewajiban seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Salah satunya juga bekerja di perusahaan. Jika teman-teman sedang mencari pekerjaan baru, maka pastikan agar siap saat melakukan wawancara kerja.

kerja, wawancara kerja, lowongan kerja, tips wawancara,

Kuasai materi wawancara


Jadi sebelum melakukan wawancara, usahakan agar teman-teman bisa menguasai materi wawancara dan jangan lupa untuk membuat rencana atau catatan penting tentang apa saja yang akan disampaikan saat wawancara. Serta perkiraan pertanyaan apa yang akan disampaikan pewawacara kepada teman-teman, tidak hanya perkiraan pertanaan tapi juga siapkan jawabannya.

Bertanya seputar pekerjaan dan perusahaan


Selain jawaban, biasanya pewawancara juga memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk bertanya. Oleh karena itu teman-teman juga siapkan pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan yang teman-teman lamar, atau juga bisa tentang perusahaan.

Penampilan profesional


Selain materi wawancara, penampilan saat wawancara juga sangat perlu untuk diperhatikan lho teman-teman. Jadi, usahakan tampil sopan, menarik, wangi, dan berdandan ala profesional.

Terima kasih kepada HRD


Biasanya wawancara dilakukan dengan HRD perusahaan. HRD ini biasanya hanya sebagai fungsi administrasi karyawan atau tenaga kerja, sedangkan untuk penentu teman-teman lolos atau tidak itu sebenarnya user atau juga bos perusahaan.

Dalam kondisi ini teman-teman harus menyampaikan terima kasih kepada pihak HRD, karena jika HRD tidak mengundan teman-teman untuk wawancara maka teman-teman juga tidak akan mendapatkan kesempatan bekerja. 

Wawancara virtual


Wawancara di era digital saat ini biasanya juga bisa dilakukan dengan menggunakan video call. Apalagi saat pandemi covid 19, hampir semua perusahaan menggunakan perangkat video call atau video conference untuk melakukan wawancara.

Jadi saat melakukan wawancara virtual dengan video call semacam ini, teman-teman juga diharapkan tetap dengan penampilan yang profesional meski tidak bertatap muka langsung.

Rekaman video


Tidak hanya itu, saat ini pewawancara biasanya juga menggunakan kamera. Kamera ini berfungsi untuk merekam saat proses wawancara berlangsung. Dengan video hasil rekaman ini biasanya pewawancara atau user akan lebih dalam saat menilai teman-teman. Jadi mereka tidak hanya melihat teman-teman saat wawancara berlangsung namun juga video tersebut bisa disimpan dan diputar kembali untuk melakukan penilaian lebih dalam lagi.

Demikian tips wawancara kerja yang berkesan yang bisa saya tulis dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki pengalaman atau informasi tentang wawancara kerja, maka teman-teman bisa juga kok menyampaikan dikolom komentar dibawah ini, agar pembaca yang lain juga mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Post a Comment for "6 Cara wawancara kerja yang mengesankan"