Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Contoh sumber energi alternatif hemat biaya

Sumber energi alternatif semakin banyak dikembangkan seiring menurunnnya persediaan energi fosil dan semakin mahal juga harganya. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang sumber energi alternatif kepada teman-teman.

energi alternatif, tenaga surya, panel surya, energi angin, energi air, energi matahari, etanol, biodiesel,

Kita dapat menggunakan banyak sumber energi, yang perlu lakukan adalah meneliti dan mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk sumber energi baru tersebut. Kita dapat beralih dari sumber energi yang berasal bahan bakar fosil dan sumber jaringan listrik lama ke sumber energi alternatif baru berikut ini.

Tenaga angin


Salah satu sumber energi alternatif yang bisa digunakan adalah tenaga angin. Saat ini Turbin angin terus dikembangkan yang menjadi semakin dapat menghemat energi dan harganya jauh lebih murah.

Di banyak negara, terdapat "ladang angin" yang telah menjadi semakin strategis dari waktu ke waktu. Sehingga ladang angin ini tidak membahayakan burung yang terbang, padahal sebelumnya teknologi turbin angin ini mengancam kehidupan burung.
 

Tenaga surya


Sumber energi alternatif lain yang paling dikenal adalah energi matahari. Energi matahari ini diproses oleh sel surya.

Tenaga surya ini bekerja dengan mengumpulkan, fokus dan mengubah energi yang dilepaskan langsung dari matahari menjadi listrik atau, dalam beberapa kasus bisa digunnakan untuk memanaskan air. Seperti energi angin, energi matahari tidak menyebabkan polusi sama sekali.

Energi gelombang laut

Energi gelombang laut memiliki potensi besar untuk menghasilkan energi. Contohnya seperti sebuah generator gelombang laut di Prancis telah beroperasi selama bertahun-tahun dan dianggap sukses besar. 

Tenaga air


Tenaga air atau hydropower di Indonesia telah lama digunakan sebagai pembangkit listrik yang lebih kuat dan lebih bersih.

Namun, ada pembatasan tertentu pada ketersediaan ruang yang cocok untuk pembangunan bendungan besar. Karena keterbatasan tersebut, saat ini banyak dikembangkan pembangkit listrik tenaga air  yang sifatnya skala kecil dan dipergunakan untuk wilayah lokal tertentu saja.
 

Energi panas bumi


Energi panas bumi sangat berlimpah karena berada tepat di bawah kaki kita, tepatnya hanya beberapa kilometer di bawah permukaan bumi. Energi ini dihasilkan dengan memanaskan air melalui efek panas di Bumi.

Air yang diproses akan menjadi uap, yang dapat digunakan untuk menyalakan mesin turbin, yang nantinya akan menghasilkan listrik. Banyak penelitian dan pengembangan harus diinvestasikan dalam penggunaan energi panas bumi.

Energi gas


Energi gas, yang pada dasarnya adalah metana, membalikkan rasio polusi energi dengan menghasilkan energi dari limbah di tempat pembuangan sampah dan beberapa polutan udara. Gas ini digunakan dalam sel bahan bakar dan dapat digunakan sebagai bahan bakar generator standar.

Etanol


Etanol adalah pengganti bensin dan dibuat dari bahan-bahan seperti gandum, tebu, anggur, stroberi, jagung, dan bahkan serpihan kayu dan selulosa kayu.

Ada kontroversi mengenai bahan bakar ini karena benar-benar ekonomis atau praktis. Saat ini teknologi ekstraksi dan pencampuran etanol terus dikembangkan oleh banyak negara di dunia.

Energi biodiesel


Energi biodiesel dihasilkan dari minyak yang terkandung dalam tanaman. Sejauh ini, biodiesel komersial telah banyak dibuat dengan bahan minyak kedelai, minyak lobak dan minyak bunga matahari.

Dulu biodiesel biasanya dibuat oleh orang-orang yang melakukan usaha kecil atau ingin bereksperimen dengan sumber energi alternatif. Namun saat ini minat perusahaan komersial terus tumbuh untuk mengembangkan sumber energi biodiesel ini.

Energi biodiesel dapat membakar jauh lebih bersih daripada bahan bakar diesel berbasis minyak.

Energi Atom / nuklir


Energi nuklir dihasilkan menggunakan proses fisi nuklir untuk menghasilkan energi nuklir. Energi ini sangat efisien dan dapat menghasilkan listrik dalam jumlah besar.

Namun banyak orang memiliki kekhawatiran tentang dampak yang dihasilan oleh energi nuklir atau atom.  Karena sumber energi ini bersifat radioaktif dan membutuhkan waktu ratusan tahun agar tidak berbahaya.

Demikian informasi tentang sumber energi alternatif yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi sumber energi alternatif lain, mungkin teman-teman bisa berbagi ke pembaca yang lain melalui kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "9 Contoh sumber energi alternatif hemat biaya"