Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat layout buku / company profile dengan Corel Draw

Cara layout buku merupakan hal penting baik untuk kebutuhan cetak dokumen company profile, katalog, atau juga membuat buku yang sebenarnya. Saya sendiri biasanya menggunakan teknik ini sebelum mengirimkan dokumen yang akan di cetak ke percetakan digital.

Bagi teman-teman yang ingin belajar cara membuat layout buku yang sederhana dengan menggunakan corel draw, disini saya akan berbagi tutorial singkat yang bisa teman-teman praktekan sendiri.

Disini saya menggunakan corel draw x7, jadi jika temena-teman menggunakan corel draw versi yang selainnya maka bisa menyesuaikan. Karena menurut saya caranya tidak jauh beda kok.

Buka menu file, lalu pilih sub menu "new"

Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan yaitu membuka atau membuat dokumen baru dengan membuka menu file lalu memilih sub menu new.

Berikan nama dokumen pada kotak dialog "create new document " lalu pilih ukuran kertas

Setelah kotak dialog "create new document" terbuka, maka teman-teman bisa memberikan nama dokumen yang akan dibuat. Setelah itu teman-teman bisa memilih ukuran kertas yang akan digunakan untuk membuat layout buku.

Biasanya ukuran standar yang digunakan untuk membuat buku adalah ukuran kertas A4. Demikian juga saat membuat company profile dan juga katalog.

Karena ukuan yang dibutuhkan adalah kertas A4, maka teman-teman bisa menggunakan kertas 2 kali A4 yaitu kertas A3. Ini karena kertas A3 nantinya akan dijadikan dua sisi (kanan dan kiri).


Pilih mode landscape lalu tekan OK

Jika ukuran kertas A3 dijadkan 2 sisi kanan kiri namun kondisinya portrait (berdiri) maka hasilnya akan  memanjang dan kurang bagus. Sehingga teman-teman harus memposisikan ukuran kertas A3 menjadi landscape (tidur). Setelah mengubah posisi menjadi landscape, teman-teman tekan tombol OK. Kemudian teman-teman tunggu sampai dokumen baru terbuka.



Buka menu "layout" dan pilih sub menu "page layout"

Setelah dokumen baru terbentuk, saatnya teman-teman menata layout halaman buku, company profile, atau juga katalog. Caranya yaiu teman-teman buka menu layout, kemudian pilih sub menu page layout seperti pada gambar dibawah ini.


Pilih "Book" pada kotak dialog option layout, lalu centang facing page

Setelah muncul kotak dialog option > layout, kemudian teman-teman pilih book seperti instruksi nomor delapan pada gambar dibawah ini.

Setelah itu teman-teman centang kotak facing page. Facing page ini berfungsi untuk menata buku seperti buku aslinya. Jadi nanti halamannya berurutan dan saling berhadapan sesuai dengan kondisi aslinya buku atau company profile, dan juga katalog.

Jangan lupa tekan tombol OK, untuk memproses seperti yang teman-teman inginkan.


Tekan tanda (+) pada bagian bawah corel draw untuk menambah halaman

Setelah halaman buku, katalog, atau company profile terbentuk maka teman-teman bisa menambahkan halaman sesuai dengan yang diinginkan. Caranya tinggal menekan simbol (+) seperti yang ada pada gambar dibawah ini.


Halaman pertama / cover adalah single page

Untuk buku, company profile, dan juga katalog halaman pertama biasanya terdiri dari satu halaman saja.  Halaman paling depan biasanya digunakan sebagai halaman cover atau sampul buku.

Sedangkan halaman kedua berhadapan dengan halaman ketiga. Demikian juga halaman empat yang akan berhadapan dengan halaman lima.



Demikian tutorial memuat layout buku / company profile dengan menggunakan corel draw yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Teman-teman harus mencobanya, karena hanya dengan membaca ini kemungkinan besar teman-teman tidak akan paham.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mempelajarinya dengan sungguh-sunggu. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Cara membuat layout buku / company profile dengan Corel Draw"