Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat yoast SEO wordpress plugin bagi blogger pemula

Yoast SEO adalah sebuah plugin wordpress yang bisa digunakan untuk melakukan optimasi konten blog agar bisa masuk dan menempati posisi tertinggi di mesin pencari. Teman-teman yang menggunakan blog dengan platform wordpress, bisa jadi telah mengetahui tentang plugin Yoast SEO ini karena telah digunakan oleh jutaan pengguna wordpress.

yoast, seo, plugin, wordpress, search engine, google,


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan sedikit tentang plugin Yoast SEO, terutama manfaat bagi blogger pemula. Meski artikel ini saya posting di blog dengan platform blogger, bukan berarti saat ini saya tidak menggunakan wordpress. Saya tetap menggunakan wordpress untuk keperluan lain, bukan untuk keperluan blog peribadi saya ini.

Baik saya akan sedikit berbagi cerita pengalaman saya saat memulai blog di tahun 2013 dengan menggunakan wordpress. Awal kali saya belajar on-page SEO dari plugin YOAST SEO yang saya install di blog saya saat itu.

Saya yang sama sekali tidak paham tentang SEO, yang bisa saya lakukan hanya menulis konten artikel sesuai dengan apa yang ada dipikiran saya. Perlu teman-teman ketahui bahwa di YOAST SEO ini ada skor, dimana jika on-page SEO sudah bagus maka akan mendapatkan warna hijau. Nah, saat itu saya hanya mengejar bagaimana agar artikel yang saya posting mendapatkan warna hijau dari YOAST SEO.

yoast, seo, plugin, wordpress, search engine, google,

Untuk mendapatkan skor hijau ini, teman-teman harus mengikuti aturan on-page SEO dari YOAST. Yang perlu dilakukan pertama kali yaitu menentukan kata kunci yang ingin ditarget. Kata kunci ini tinggal dimasukan dalam kolom khusus di plugin yoast SEO. Dan kata kunci ini akan menentukan keseluruhan optimasi dalam artikel yang akan saya publikasikan.

Saat saya menggunakan plugin YOAST SEO diawal kali ngeblog, saya belum mengenal riset kata kunci. Jadi saya hanya asal saja memasukan kata kunci, tanpa mengetahui berapa orang yang mencari kata kunci tersebut tiap bulannya. Saya juga tidak mengetahui bagaimana kondisi kompetisi kata kuncinya. Jadi saya hanya mengejar kata kunci yang menurut saya bagus dan saya optimasi agar mendapatkan skor hijau dari Yoast SEO.

Beberapa yang bisa dipelajari dari YOAST SEO ini adalah bagaimana optimasi kata kunci dalam artikel. Optimasi yang bisa dilakukan mulai dari menentukan kata kunci yang ditarget, kemudian membuat judul yang sesuai kaidah SEO, deskripsi untuk serp (search engine results page) untuk tayang di mesin pencari, outbond link, inbound link, optimasi gambar di artikel, heading, hingga membuat link artikel yang SEO.

Jadi kalau menurut saya memang plugin YOAST SEO ini penting untuk optimasi artikel terutama pada blog wordpress. Namun bagi beginner, YOAST SEO ini bisa menjadi media belajar untuk optimasi artikel agar bisa memenuhi unsur SEO.

Buat teman-teman yang baru belajar menulis di blog, jika ada anggaran dana mungkin bisa membeli domain dan hosting lalu menginstall wordpress sebagai platform blognya. Meski belum paham tentang SEO terutama optimasi artikel (onpage SEO), teman-teman bisa terus menulis dan selalu melakukan optimasi dengan plugin YOAST SEO. Ini berguna untuk membiasakan diri menulis konten artikel yang SEO friendly.

Jika sudah terbiasa menulis konten artikel yang sesuai dengan kaidah SEO, nantinya tanpa menggunakan plugin YOAST SEO maka teman-teman akan bisa menulis artikel yang SEO. Meski menulis di microsoft word, jika sudah terbiasa menulis di wordpress dengan bantuan YOAST SEO maka teman-teman akan bisa menulis artikel yang SEO.

Prinsipnya teman-teman harus terus menulis dan menjadikan menulis artikel blog ini sebagai hobi agar konsisten menulis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Jika ada yang ingin ditanyakan atau masukan untuk artike ini, teman-teman bisa menyampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Manfaat yoast SEO wordpress plugin bagi blogger pemula"