Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan menggunakan antivirus yang selalu update

Antivirus adalah software yang wajib terinstall dalam laptop teman-teman terutama yang menggunkan sistem operasi windows. Bahkan jika teman-teman menggunakan windows 10, maka teman-teman sebenarnya tidak wajib menambah antivirus karena windows sendiri telah memberikan antivirus gratis bawaan dari windows 10 yaitu windows defender.

antivirus, avast, ransomware, teknologi, komputer, windows, windows 10, windows defender

Jika teman-teman menggunakan  windows defender dan antivirus lain di laptop atau PC, maka teman-teman wajib untuk melakukan update antivirus tersebut baik software atau juga isi dari softwarenya yang berfungsi untuk membasmi virus dalam laptop yang teman-teman miliki.

Saya sendiri menggunakan dua laptop yang berbeda OS untuk laptop yang saya gunakan sejak zaman kuliah masih menggunakan windows 7.Untuk proteksi data laptop lama ini saya menggunakan antivirus avast untuk kesuluruhan data dan saya tambahkan antivirus lokal yaitu smadav untuk mengindari virus-virus yang menyembunyikan data di flashdisk.

Untuk laptop kedua yang memang saya gunakan untuk kerja sudah menggunakan windows 10. Di laptop ini sebenarnya sudah ada windows defender, namun masih mendapatkan perlindungan tambahan dengan menggunakan sophos.

Perlu teman-teman ketahui bahwa virus komputer saat ini telah berkembang pesat. Banyak orang yang mencoba untuk mengakses data-data yang ada di laptop atau Pc dengan menggunakan virus. Dampaknya jika data yang kita simpan di laptop atau PC ini terkena virus, maka bisa saja teman-teman kehilangan data tersebut.

Masih sangat teringat jelas beberapa tahun lalu banyak pihak komputer atau laptop yang terkena virus ransomware. Ranwsomware menyerang sistem komputer atau laptop lalu menguncinya. Jika teman-teman ingin data dikembalikan, maka teman-teman harus menebus dengan membayar dengan mata uang kripto yaitu bitcoin. Jumlah yang harus dibayar tidak kecil, bahkan jika dalam kurs rupiah bisa tembus ratusan juta.

Banyak sekali dampak saat data kita terserang oleh virus. Bahkan saat ini virus berkembang tidak hanya menyerang software atau data yang ada di laptop. Virus banyak juga yang tertanam di website atau aplikasi. Virus-virus ini tidak meyerang data kerjaan yang ada di laptop, melainkan bisa mengakses hal terpenting dari teman-teman misalnya kartu kredit atau data pribadi lainnya.

Coba teman-teman bayangkan, jika saja virus komputer yang terbaru adalah ransomware. Namun karena antivirus yang teman-teman miliki tidak update dan hanya bisa membasmi virus setingkat trojan horse, maka secara otomatis antivirus yang teman-teman miliki tidak akan berguna saat laptop terkena ransomware. Dan teman-teman harus rela kehilangan data atau bahkan rela menyeluarkan uang untuk mengembalikan data yang disita oleh virus.

Oleh karena itu teman-teman harus selalu update antivirus jika sudah tersedia update terbaru dari penyedia antivirusnya. Virus selalu ada yang terbaru, demikian juga dengan antivirus harus mengikuti perkembangan virus sehingga bisa digunakan untuk mengatasi virus-virus yang baru.

Biasanya setiap platform penyedia antivirus memberikan informasi jika mereka sudah memiliki update yang bisa digunakan untuk membasmi virus baru yang mungkin ada di laptop atau PC teman-teman.

Demikian informasi tentang antivirus yang bisa saya bagikan. Jika ada pertanyaan, teman-teman bisa sampaikan di kolom komentar. Serta semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas.

2 comments for "Alasan menggunakan antivirus yang selalu update"

  1. Mas, kok .my.id bisa ketrima adsense ? Bagi tips nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.andik.my.id/2019/08/3-alasan-menggunakan-domain-myid-untuk.html

      baca artikel itu bro, beserta komentar yang ada dibawahnya

      Delete