Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Libre Office Alternatif Pengganti Microsoft Office

Libreoffice adalah software atau perangkat lunak yang bisa teman-teman gunakan sebagai alternatif pengganti Microsoft Office. Karena sifatnya gratis teman-teman tinggal mengunduh dari website resminya libreoffice dan menginstalnya di komputer atau laptop dan teman-teman miliki.

LIBRE OFFICE, microsoft office, office, excel, word, powerpoint,

Libreoffice bisa menjadi alternatif jika teman-teman memiliki kendala dengan Microsoft Office yang teman-teman gunakan. Baik itu kendala tidak mampu membeli Microsoft Office yang harganya mahal, atau jika teman-teman menggunakan Microsoft Office bajakan dan terdeteksi bajakan akhirnya Microsoft Office bajakan tersebut tidak dapat digunakan. Maka libreoffice bisa menjadi solusi bagi teman-teman yang ingin bekerja menggunakan program-program seperti pada Microsoft Office.

Perlu teman-teman ketahui bahwa libreoffice berbeda dengan Microsoft Office baik secara bentuk, desain, nama, dan sebagainya. Namun secara penggunaan libreoffice memiliki fungsi yang sama yaitu bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berbasis dokumen seperti Microsoft Word, berbasis angka seperti Microsoft Excel, dan juga berbasis slide presentasi seperti Microsoft PowerPoint.

Jadi sekali lagi saya tekankan bahwa libreoffice berbeda dengan Microsoft Office. Jika Microsoft Office berbayar, maka libreoffice ini bersifat open source yang bisa digunakan secara gratis oleh siapapun yang ingin menggunakannya, baik di perangkat operating system Windows, machintos, Ubuntu dan juga linux.

Kegunaan


Libreoffice dapat digunakan untuk banyak hal, karena dalam paket libreoffice terdapat beberapa software yang mendukung produktivitas kerja kita. Yang pertama adalah untuk mengolah dokumen yang disebut dengan writer, yang memiliki fungsi seperti Microsoft Word. Kemudian atau libreoffice untuk mengolah angka atau data yang disebut dengan Cal,  Libreoffice jenis ini memiliki fungsi hampir sama dengan Microsoft Excel. Sedangkan untuk presentasi yang setara dengan Microsoft Powerpoint, libreoffice memiliki software yang disebut dengan Inpres yang bisa digunakan untuk membuat presentasi.

Selain tiga software utama tersebut, Libreoffice juga menyediakan software untuk menggambar yang disebut dengan draw yang bisa digunakan untuk membuat gambar atau desain. Software draw dari libreoffice ini sudah tersedia lengkap dalam paket libreoffice. Libreoffice juga menyediakan pengolah data yang lebih kompleks yang disebut dengan base dimana penggunaannya lebih kompleks dibandingkan dengan libreoffice calc.

Fitur


Untuk menunjang produktivitas kerja, biasanya yang sering digunakan adalah 3 software utamanya seperti writer calc dan Impres. Ketiga software dari libreoffice ini yang paling sering digunakan untuk pekerjaan seperti mengolah dokumen, pengolah data, dan juga presentasi.

Untuk fiturnya kalau menurut saya termasuk lengkap dan bisa mengakomodasi semua keperluan yang kita butuhkan dari Microsoft Office. Hal ini akan membuat kita lebih produktif dalam bekerja tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk membeli Microsoft Office atau menginstal Microsoft Office bajakan di laptop kita.

Untuk melakukan desain pun kita tidak perlu menginstal software desain tambahan karena jika menggunakan software standar, libreoffice sudah menyediakan software Draw.

Kemudahan


Sama seperti software pada umumnya, pasti untuk penggunaan awal akan merasa sulit digunakan. Hal ini karena faktor tidak terbiasa menggunakan software tersebut. Jika teman-teman biasa menggunakan Microsoft Office kemudian berpindah ke libreoffice, maka di tahap awal mungkin akan perlu banyak adaptasi karena banyak fitur atau menu yang posisinya tidak sama seperti pada Microsoft Office.

Kalau saya sendiri menggunakan libreoffice termasuk mudah karena semua fitur atau menu tersedia. Tinggal kita mencari posisi dimana menu atau fitur tersebut. Jadi pada prinsipnya adalah mudah atau tidaknya tergantung pada kebiasaan menggunakan software tersebut. Oleh karena itu untuk penggunaan awal disarankan untuk membiasakan diri dengan libreoffice.

Harga


Yang sudah saya jelaskan di awal artikel ini bahwa libreoffice adalah software yang bersifat open source yang bisa kita gunakan secara gratis atau tidak berbayar sama sekali. Jadi jika teman-teman ingin menggunakan libreoffice maka teman-teman tidak akan kena pelanggaran seperti penggunaan software bajakan.

Jika teman-teman merasakan manfaat dari libreoffice kemudian teman-teman ingin agar libreoffice terus berkembang, maka teman-teman bisa melakukan donasi terhadap libreoffice melalui website resmi libreoffice. Donasi bisa dilakukan dengan mentransfer sejumlah uang melalui Paypal atau juga kartu kredit yang teman-teman gunakan.

Demikian artikel review libreoffice yang bisa saya sampaikan. Jika teman-teman memiliki ide tambahan atau jika ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung disampaikan di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Post a Comment for "Review Libre Office Alternatif Pengganti Microsoft Office"