Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Hal yang bisa mempengaruhi kecepatan laptop

Kecepatan laptop bisa mempengaruhi suasana hati juga lho teman. Jika laptop yang teman-teman miliki lemot, pasti sebel banget apalagi saat mengerjakan sesuatu yang penting. Mungkin teman-teman sempat berfikir mengapa laptop lemot, padahal sudah membeli laptop bermerk dan punya spek yang bagus. Jangan mengambil kesimpulan pendek dulu, meski laptop spek tinggi juga bisa lemot lho.

laptop, prosesor, intel, RAM, Hardisk, SSD, HDD, komputer, desktop pc

Biar tidak bingung, berikut saya tuliskan beberapa hal yang bisa mempengaruhi kecepatan laptop yang teman-teman miliki. Coba simak satu per satu diantara 7 poin berikut.

1. Prosesor


Intel pentium 4 adalah prosesor tercepat di zamannya, yaitu sekitar tahun 2000-an. Saat ini prosesor intel pentium 4 mungkin sudah tidak ada lagi yang menggunakan. Jadi prosesor ini ibarat ibarat otaknya laptop, semakin tinggi spek dan semakin baru tipe prosesornya, maka kecepatan laptop akan semakin tinggi.

Saat ini prosesor yang banyak digunakan di dunia yaitu pabrikan intel dan juga AMD. Kedua prosesor ini banyak tertanam di laptop yang beredar saat ini. Biasanya laptop dengan prosesor tinggi digunakan untuk aktifitas berat seperti gaming, desain grafis, atau juga video editing.

Sedangkan laptop untuk aktifitas standart untuk pekerjaan administrasi kantor, sekolah, atau pekerjaan yang berhubungan dengan microsoft office biasanya laptop dengan prosesor standart seperti Intel celeron hingga intel Core i3.

2. RAM


Random access memory alias RAM, ini juga mempengaruhi kecepatan laptop. RAM standar yang tertanam di laptop yang beredar dipasaran saat ini adalah sebesar 4 GB. Semakin tinggi RAM yang digunakan, maka semakin kencang juga laptopnya.

Meski RAM standar yang terpasang di laptop adalah 4 GB, namun teman-teman bisa melakukan upgrade RAM dengan membeli RAM sesuai dengan jenis laptop dan memasangnya sendiri. Dengan menambahkan RAM laptop, bisa menjadi solusi agar laptop yang teman-teman miliki tidak lemot lagi.

3. Storage


Storage atau penyimpanan juga mempengaruhi kecepatan laptop, terutama saat laptop mengakses data. Saat ini untuk jenis penyimpanan ada 2 tipe lho yaitu HDD (Hard disk drive) dan SSD (Solid State Disk).

Mana yang lebih cepat antara HDD dan SSD? Jawabannya yaitu SSD. Banyak yang menyebut bahwa SSD ini memiliki kecepatan akses data hingga sepuluh kali lebih cepat dari pada HDD. Harga SSD juga lebih mahal dari HDD. Jadi meski saat ini kapasitas penyimpanan data yang besar bukan satu-satunya patokan, karena kecepatan juga penting.

4. Software


Software atau aplikasi juga mempengaruhi kecepatan laptop yang teman-teman gunakan. Banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa software yang kita install juga berat saat digunakan, dan ini akan mempengaruhi kecepatan laptop.

Selain software yang berat, jumlah software yang dijalankan dalam laptop juga mempengaruhi lho teman. Meski software yang dijalankan itu kecil, namun jika banyak software maka akan mempengaruhi kecepatan laptop.

Tak hanya itu, meski kita browsing namun jika tab browser yang dibuka jumlahnya sangat banyak maka laptop juga bisa menjadi lemot.

5. Sistem operasi


Sistem operasi sebenarnya juga berpengaruh, karena semakin baru OS (operating system) yang digunakan biasanya memiliki inovasi kecepatan loading.

6. Sampah


Sampah di laptop juga mempengaruhi kecepatan juga. Biasanya kita menghapus file kemudian file yang dihapus masuk ke recycle bin. Jika file bekas di recycle bin ini menumpuk dan jumlahnya banyak juga akan mempengaruhi kecepatan laptop. Tak cuma itu, banyaknya history di browser juga mempengaruhi kecepatan laptop.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pembersihkan laptop secara berkala. Coba gunakan ccleaner sesuai dengan artikel saya berikut untuk memberikan laptop.

7. Virus


Laptop lemot juga bisa dipengaruhi oleh virus. Jika teman-teman menggunakan software bajakan yang termasuk crack, keygen, dan sebagainya bisa jadi itu juga mengandung virus. Tanpa disadari bahwa teman-teman juga menginstall virus di laptop sendiri. Virus ini selain menyerang data, juga bisa mempengaruhi kecepatan laptop.

Demikian informasi tentang beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan laptop. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Post a Comment for "7 Hal yang bisa mempengaruhi kecepatan laptop"