Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara merawat laptop agar tetap awet tahan lama

Merawat laptop agar tetap awet dan bisa digunakan sebenarnya tugas siapapun yang memiliki laptop lho teman. Laptop saat ini merupakan perangkat elektronik yang banyak dibutuhkan, harganya juga termasuk mahal karena laptop standar pun masih memiliki harga sekitar tiga jutaan.


laptop, windows, microsoft office, merawat laptop, agar laptop awet,

Dalam kesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang cara merawat laptop yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Simpan laptop di tempat aman


Yang pertama agar laptop awet adalah jangan sampai laptop yang teman-teman miliki hilang begitu saja. Jadi pastikan untuk menyimpan laptop di tempat aman. Karena laptop adalah barang yang memiliki nilai jual bekasnya yang cukup tinggi, maka laptop adalah barang yang banyak diincar oleh pencuri.

Laptop adalah perangkat komputer yang bisa digunakan untuk mobile juga. Saat bepergian mungkin naik kendaraan umum seperti kereta, bus, dan bahkan ditempat umum usahakan untuk memastikan bahwa laptop yang teman-teman bawa tetap aman.

Jangan menumpahkan makanan dan minuman


Bagi yang sering menggunakan laptop saat bekerja, belajar, bermain atau menikmati hiburan mungkin pernah mengalami laptop terkena cipratan minuman atau terkena makanan. Karena saat melakukan aktifitas dengan laptop kemungkinan besar juga disambi makan dan juga minum. Ini artinya peluang laptop terkena makanan dan minuman juga semakin besar.

Nah jika terkena cairan dari minuman, bisa merusak komponen laptop terutama kerusakan akibat arus listrik (korsleting) yang berakibat pada kerusakan pada komponen lain.

Jangan menindih laptop


Bagi yang suka menggunakan laptop sambil tiduran mungkin pernah mengalami ketiduran saat menggunakan laptop. Saat kita dalam kondisi tidur saat menggunakan laptop, kadang tanpa disadari kita menidih laptop. Apalagi jika saat tidur banyak tingkah, mungkin tidak hanya menindih laptop tapi juga bisa saja menendang laptop.

Meski laptop yang dijual mayoritas telah melalui proses pengujian terhadap goncangan dan juga menahan beban, namun alangkah baiknya jika laptop tidak tertindih beban berat atau terkena goncangan juga. Ini akan mempengaruhi laptop teman-teman agar tetap awet.

Hindari panas berlebihan


Bagi yang workaholic, gamers sejati, atau penikmat drama korea mungkin tidak terasa telah menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama. Hal ini akhirnya mengakibatkan laptop yang digunakan juga mengalami peningkatan panas akibat komponennya lama bekerja.

Panas berlebihan pada laptop ini juga mempengaruhi awet atau tidaknya laptop. Meski laptop telah dilengkapi dengan kipas, namun jika digunakan hingga panas berlebihan terus menerus juga berpotensi mengalami kerusakan.

Jika tidak memungkinkan untuk mematikan laptop terlebih dahulu karena harus mengerjakan pekerjaan. Mungkin teman-teman bisa menyediakan pendingin laptop.

Bersihkan laptop dari debu


Laptop berdebu sudah umum dialami oleh banyak orang. Perlu diketahui bahwa debu ini bisa mempengaruhi awet atau tidaknya laptop. Jika banyak debu yang masuk ke dalam laptop, maka akan menghambat mesin laptop dalam bekerja. Gara-gara debu, bisa saja laptop yang teman-teman miliki menjadi ngadat.

Oleh karena itu selalu lakukan pembersihan rutin laptop dari debu, paling tidak pembersihan permukaan luarnya saja. Namun jika teman-teman bisa membongkar laptop, maka bagian dalamnya juga bisa dibersihkan dari debu dan kotoran lain.

Gunakan tas khusus laptop


Laptop memang dibuat untuk bisa digunakan dimanapun dan kapanpun yang sering dikenal dengan aktifitas mobile. Oleh karena itu untuk perpindahan tempat penggunaan laptop, usahakan menggunakan tas khusus untuk laptop.

Baik tas punggung dan tas selembang khusus laptop telah di desain untuk meminimalisir goncangan atau getaran laptop saat dibawa kemana-mana. Selain itu biasanya tas laptop ini dilengkapi busa atau pengaman agar laptop tidak terkena air saat dibawa dalam kondisi hujan.

Demikian cara merawat laptop agar tetap awet yang bisa saya tuliskan dalam artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Jika ada info tambahan atau pertanyaan, teman-teman bisa menyampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Post a Comment for "6 Cara merawat laptop agar tetap awet tahan lama"