Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara membuat video blog untuk youtube murah meriah

Video blog atau yang lebih dikenal dengan vlog saat ini sedang menjadi trend di generasi milenial. Jika teman-teman juga ingin membangun channel youtube dan mengisinya dengan berbagai video menarik, maka teman-teman bisa menyimak tips yang saya tulis berikut ini.

vlog, youtube, kamera

1. Temukan ide menarik yang banyak disukai orang


Mungkin diantara teman-teman yang membaca artikel ini memiliki hobi yang menarik. Bisa jadi juga hobi yang teman-teman miliki juga banyak dilakukan oleh orang lain. Berangkat dari hobi, bisa menjadi ide untuk membuat video yang menarik untuk di unggah ke channel youtube yang teman-teman miliki.

Banyak orang yang membuat video ini dari hobi, dengan begitu akan rutin membuat video karena memang apa yang dijadikan video adalah hal yang disenangi. Disamping itu banyaknya ornag yang menyukai hobi yang sama, bisa menjadi target penonton yang menguntungkan bagi teman-teman.

2. Gunakan kamera yang mumpuni


Tak perlu mahal untuk memulai aktifitas video bloging di youtube. Teman-teman bisa menggunakan smartphone yang dimiliki. Ini karena smartphone saat ini memiliki kamera yang canggih dengan kualitas yang tinggi. Dengan modal smartphone ini bisa menjadi alat untuk merekam hobi yang teman-teman miliki untuk dijadikan video.

Jika suatu saat channel youtube yang teman-teman bangun sudah bisa menghasilkan uang. Maka teman-teman bisa dong membeli kamera khusus untuk membuat video. Jadi biar smartphone-nya tidak terlalu berat untuk melakukan aktifitas rekaman video.

3. Narasi dan musik


Jika teman-teman memiliki kemampuan komunikasi yang bagus, maka teman-teman saat membuat video bisa juga memberikan narasi atau menjelaskan tentang apa yang dilakukan. Dengan memberikan narasi ini, penonton akan lebih suka dan bisa memahami apa yang teman-teman lakukan.

4. Background musik


Background musik tentu menjadi hal penting yang perlu dilakukan. Ini berfungsi agar penonton video tidak bosan. Bayangkan saja misalnya sintron di televisi jika tanpa efek musik, mungkin akan terlihat seperti dialog biasa saja. Namun karena adanya background musik yang diberikan, maka tayangan sinetron tersebut bisa menyentuh hati penontonnya.

Demikian juga saat teman-teman membuat video blogging untuk channel youtube. Jika memungkinkan, usahakan untuk memberikan latar belakang musik agar penonton lebih menikmati video yang teman-teman buat.

5. Gunakan tripod / stabilizer


Tripod dan handstabilizer ini sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu untuk meletakan kamera. Jika tripod sifatnya statis atau tidak bergerak, yang bisa digunakan untuk membuat video tutorial, dialog, dan sebagainya.

Jika hand stabilizer digunakan untuk membuat video yang mobile, artinya kamera akan digunakan dalam kondisi bergerak. Sehingga untuk menghasilkan gambar yang tidak membuat penontonnya pusing, maka diperlukan hand stabilizer.

Harga tripod dan hand stabilizer cukup murah juga. Jadi teman-teman bisa menggunakan alat ini dan membelinya sesuai kondisi keuangan, karena tidak perlu mahal untuk membuat video yang bagus.

6. Edit video sebelum di upload


Tak punya laptop untuk edit video? Teman-teman tidak perlu bingung, smartphone saat ini bisa juga untuk edit video standart. Misalnya untuk memotong bagian video yang tidak penting atau juga memberikan latar belakang musik, atau juga memberikan teks pada video. Jadi tidak ada alasan untuk menyerah dalam membangun channel youtube, meski tidak punya laptop ya.

7. Bagikan video di social media


Jika video sudah jadi dan di unggah di channel youtube, bagikan dong ke sosial media yang teman-teman miliki. Mungkin yang menonnton adalah teman yang dikenal dari sosial media, namun itu sangat berpengaruh lho. Bisa jadi dari adanya interaksi like, komen, bahkan dislike akan mempengaruhi performa video teman-teman kedepannya.

Demikian cara membuat video blog untuk channel youtube yang bisa saya tulis untuk teman-teman. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Jika belum membaca, ya baca dulu dong.

Post a Comment for "7 Cara membuat video blog untuk youtube murah meriah"