Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merekam Layar Laptop Jadi Video Dengan Powerpoint

Merekam layar laptop dan dijadikan sebuah video banyak dilakukan orang saat ini terutama bagi orang-orang yang membuat video tutorial dengan menggunakan layar laptop. Tidak hanya video tutorial penggunaan software dan sebagainya, saat melakukan presentasi online juga bisa direkam. Cara yang paling mudah untuk merekam layar laptop adalah dengan menggunakan microsoft powerpoint.

Jadi microsoft powerpoint mulai yang versi 2013 hingga yang terbaru menyediakan fasilitas merekam layar laptop untuk dijadikan video yang menarik.  Keunggulan merekam layar laptop dengan microsoft powerpoint ini diantaranya teman-teman tidak perlu lagi membeli atau menginstall software tambahan untuk merekam layar laptop. Karena dengan fitur bawaan dari microsoft powerpoint bisa membantu teman-teman untuk merekam layar laptop atau PC.

Jika teman-teman tertarik untuk merekam layar laptop dengan microsoft powerpoint, teman-teman bisa mengikuti langkah-langkah yang saya tulis berikut ini.

1. Buka menu insert lalu pilih screen recorder


Buka menu insert pada lembar kerja powerpoint. Kemudian pilih opsi screen recorder pada bagian kanan menu insert.

2. Pilih bagian yang akan direkam


Setelah muncul kotak perekam layar, pilih select area untuk menentukan bagian mana yang akan direkam. Bisa semua layar laptop atau sebagian saja yang direkam.

3. Tekan tombol record



Setelah memilih bagian yang direkam, kemudian tekan tombol record seperti yang ada pada gambar.



Saat awal proses merekam, di layar desktop akan muncul countdown (hitung mundur) 3,2,1 untuk memulai rekam layar laptop.

4. Tekan stop jika sudah selesai merekam



Setelah selesai merekam, tekan tombol stop yang posisinya di sebelah record / pause seperti pada gambar.


Hasil video rekaman layar laptop akan masuk ke dalam slide powerpoint. Video ini bisa di edit juga melalui software powerpoint seperti memotong bagian video.

5. Edit dan simpan video hasil rekaman layar laptop



Jika tidak perlu edit atau sekedar ingin menyimpan video hasil rekaman layar laptop. Bisa langsung menyimpannya. Klik kanan pada video, hingga muncul kotak dialok seperti pada gambar. Kemudian pilih save media as.



Setelah muncul kotak dialog penyimpanan, bisa dipilih tipe .mp4 sebagai jenis video yang akan disimpan lalu tekan save untuk menyimpan.



Demikian artikel tentang merekam layar laptop dengan microsoft powerpoint yang bisa saya tuliskan. Jika teman-teman memiliki cara lain, bisa dibagikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tutorial ini bisa bermanfaat dan membantu teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Post a Comment for "Cara Merekam Layar Laptop Jadi Video Dengan Powerpoint"