Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara meningkatkan ranking alexa blog

Ranking alexa adalah suatu program yang dirancang untuk memberikan peringkat untuk website yang ada di dunia. Ranking yang diberikan oleh alexa ini dalam dua jenis yaitu ranking nasional (negara) dan juga ranking global (internasional). Tak hanya untuk memberikan peringkat website, alexa sebenarnya tools atau alat berbayar yang bisa digunakan untuk memberikan insight kepada pemilik website agar bisa meningkatkan baik visitor, ranking, dan juga peluang yang selainnya.


ranking alexa, alexa page rank, website, seo, web rank

Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan bagaimana pengaruh ranking alexa pada blog atau website. Pada prinsipnya saat alexa dikejar maka visitor blog juga akan mengikuti naik atau terus meningkat. Dalam jangka panjang ranking alexa berbanding lurus dengan visitor blog/website.

Perlu teman-teman ketahui bahwa ranking alexa ini akan membantu proses marketing suatu website. Marketing dalam hal ini bisa digunakan untuk menunjukan bahwa performa website sangat bagus. Bahkan bisa menunjukan bahwa suatu website memiliki visitor yang tinggi saat ranking alexa juga tinggi. Ini biasanya digunakan pemilik website untuk menjaring pengiklan agar mau mengeluarkan anggaran untuk beriklan di websitenya.  Semakin tinggi ranking alexa, maka semakin besar juga peluang mendapatkan pengiklan.

Namun pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan ranking alexa pada blog atau website? Dalam artikel ini saya akan membahas beberapa detail yang harus dilakukan untuk meningkatkan ranking alexa.

1. Konten


Baik blog baru atau lawas, konten merupakan syarat utama agar blog tersebut terus naik baik ranking alexa atau juga trafficnya. Dalam pengalaman saya saat mengelolah blog baru yang masih belum memiliki data apapun di internet, maka konten harus terus ditingkatkan.

Dengan membuat artikel dan mempostingnya setiap hari, maka ranking alexa akan terus meningkat. Biasanya ranking alexa ini akan di perbarui setiap 2 hingga 3 hari sekali, bahkan bisa juga perubahan ranking terjadi seminggu sekali.

Pada tingkat ini alexa sifatnya naik turun. Meski update artikel di blog, bisa terjadi penurunan ranking alexa. Ini banyak faktor penyebab, bisa jadi banyak blog lain yang performanya lebih tinggi . Sehingga blog lain tersebut akan menyalip ranking blog kita. Namun dalam kondisi ini jangan berhenti posting artikel, karena akan memperburuk keadaan. Jadi tetap posting artikel dalam kondisi apapun. Don't Give Up.

2. Traffic & sumber traffic


Pada poin pertama telah saya sebutkan bahwa update konten blog secara rutin akan membantu meningkatkan ranking alexa. Namun posting artikel saja akan membuat ranking alexa fluktuatif atau naik turun. Nah, bagaimana agar ranking alexa suatu blog bisa awet dan penurunan pun terjadi tidak jauh.

Kalau menurut saya, untuk membuat ranking alexa pada suatu blog tetap awet bahkan terus meningkat maka perlu meningkatkan traffic blog tersebut. Cara gratisan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic secara konsisten adalah dengan menggunakan teknis SEO (search engine optimization). Selain SEO, teman-teman bisa membagikan link artikel di social media seperti facebook, twitter dan sebagainya.

Kalau menurut saya, sumber traffic dari search engine (SEO) akan lebih awet dibandingkan dengan traffic dari social media. Karena jika dari social media seperti facebook, traffic akan meningkat saat setelah share link. Kecuali jika artikel tersebut viral di facebook, maka bisa bertahan lama trafficnya. Namun itu akan terjadi dalam hitungan hari saja, setelah itu efek viral akan hilang dengan sendirinya.

Jadi rekomendasi traffic tinggi yang berasal dari mesin pencari menjadi prioritas. Dengan mesin pencari artikel akan awet jika berada di posisi teratas mesin pencari.

Selain mesin pencari dan social media, teman-teman bisa mendapatkan traffic blog dengan referensi dari website atau blog lain. Bahkan dengan kunjungan langsung (direct traffic) juga bisa dikatakan sebagai traffic atau visitor blog.

Direct traffic ini biasanya jika kita promosi offline dengan spanduk atau banner, bahkan dari mulut ke mulut. Maka orang yang menerima informasi blog atau website kita akan mengetikan alamat blog/website di browser mereka.


3. Kecepatan web page


Faktor lain yang membuat ranking alexa naik yaitu kecepatan halaman website atau blog. Kecepatan website ini adalah salah satu yang ditampilkan dalam alexa toolbar, dimana kita bisa melebihan berapa detik loading halaman website yang kita akses. Semakin cepat halaman website, yang akan diberikan simbol hijau, maka akan semakin mempengaruhi kenaikan ranking alexa.

Biasanya jika kita menggunakan template blog atau website premium hasil beli, pada umumnya template ini telah dioptimasi oleh pembuatnya agar bisa loading secepat mungkin. Namun ada faktor yang tanpa kita sadari bahwa hal tersebut membuat loading website lemot.

Pada umumnya meski template blog atau website yang digunakan sangat cepat, namun saat kita posting maka loadingnya akan menjadi lemot. Ini biasanya dipengaruhi oleh konten kita sendiri yaitu seperti gambar dan video yang di upload dalam ukuran besar. Ini yang akan membuat loading halaman website menjadi lemot. Sehingga lakukan optimasi gambar atau video dalam halaman website atau blog agar bisa cepat saat diakses.

Perlu diketahui diantara konten teks, gambar, video atau audio yang paling cepat diakses yaitu teks.

4. Interaksi pengunjung blog


Interaksi ini bisa diartikan dalam beberapa hal seperti seberapa lama orang berkunjung di blog tersebut, berapa halaman yang diakses saat sekali berkunjung. Oleh alexa perilaku seperti ini juga masuk dalam penilaian.

Pada prinsipnya semakin lama orang berkunjung di website tersebut, berarti orang tersebut niat untuk melihat atau membaca konten yang tersedia di website tersebut. Jika banyak halaman yang dibuka, itu menunjukan bahwa website atau blog tersebut menyediakan konten yang relevan atau terkait dengan minat pengunjung.

Sebaliknya jika orang yang berkunjung hanya beberapa detik, artinya orang tersebut tidak membaca konten blog atau website yang dikunjungi. Ini menunjukan bisa jadi website lemot atau konten tidak menarik, akhirnya halaman website akan langsung ditutup.


Sebenarnya masih sangat banyak yang mempengaruhi naik turunnya ranking alexa, namun menurut saya 4 poin yang saya sebutkan diatas adalah poin utama yang harus dibangun agar website memiliki ranking yang tinggi di alexa baik secara global atau juga nasional.

Jika teman-teman masih awam SEO dan masih pemula, maka teman-teman bisa mengikuti alexa page rank ini sebagai tolak ukur dalam membangun website. Seperti empat poin yang saya sebutkan diatas sebenarnya juga sejalan atau berbanding lurus dengan teknik SEO secara umum. Hal ini karena alexa page rank pada dasarnya dibangun sebagai insight untuk meningkatkan performa website baik, termasuk salah satunya meningkatkan traffic dari mesin pencari (SEO).

Demikian penjelasan singkat tentang cara meningkatkan ranking alexa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Jika ada tambahan masukan atau pertanyaan, bisa teman-teman sampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Cara meningkatkan ranking alexa blog"