Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memilih asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga

Asuransi kesehatan saat ini sangat beragam, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan kesehatan terhadap keluarga. Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi teman-teman, karena dengan banyaknya asuransi yang hadir membeberikan banyak pilihan untuk teman-teman. Sehingga yang harus dilakukan adalah menyesuaikan dengan kondisi masing-masing baik itu kebutuhan dan juga kondisi keuangan.


asuransi, kesehatan, premi, rumah sakit, bpjs kesehatan,

Karena biaya asuransi kesehatan tidak murah, maka teman-teman harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli produk asuransi kesehatan. Berikut tips memilih asuransi kesehatan yang bisa membantu teman-teman.

Biaya rumah sakit dan rawat inap


Sebelum membeli produk asuransi kesehatan, maka teman-teman harus memastikan bahwa produk asuransi tersebut bisa digunakan di rumah sakit manapun yang teman-teman inginkan. Bukan hanya berlaku di rumah sakit tertentu saja atau hanya di kota tertentu saja. Sehingga saat dimanapun kita berada dan dalam kondisi tidak sehat, maka asuransi tersebut bisa kita gunakan.

Asuransi kesehatan pada umumnya memberikan pembiayaan kesehatan termasuk biaya rumah sakit saat rawat inap. Ini mungkin hampir semua asuransi memberikan perlindungan pada poin ini, termasuk biaya operasi di rumah sakit.

Namun teman-teman perlu memastikan lagi sebelum membeli produk asuransi kesehatan tertentu, yaitu tentang kelas rawat inap di rumah sakit. Karena layanan rawat inap di rumah sakit juga memiliki kelas-kelas tertentu, nah jika memilih asuransi kesehatan pastikan bahwa asuransi yang teman-teman pilih tersebut bisa digunakan untuk kelas yang mana.

Bersyukur jika produk asuransi kesehatan yang dibeli bisa digunakan untuk kelas terbaik di rumah sakit tersebut. Jika hanya bisa digunakan untuk kelas standar, dan kita ingin menggunakan kelas yang diatasnya biasanya kita dikenakan selisih biaya.

Biaya operasi


Seperti yang saya sampaikan di poin pertama bahwa biaya rumah sakit yang bisa dilindungi asuransi biasanya termasuk biaya operasi. Untuk operasi ini tidak hanya biasa operasi saja, namun juga biaya perawatan operasi termasuk biaya-biaya yang harus dikeluarkan pasca operasi hingga pasien sembuh. Biaya operasi ini bisa juga termasuk perlindungan biaya untuk operasi sesar saat melahirkan. Jadi teman-teman bisa memastikan apakah produk asuransi yang akan dibeli mampu memberikan perlindungan terhadap operasi.

Biaya optik / kacamata / lensa


Kesehatan secara umum termasuk juga kesehatan mata. Biaya kesehatan mata umumnya juga bisa termasuk fasilitas yang didapatkan jika membeli produk asuransi tertentu. Fasilitas asuransi tidak hanya perlindungan untuk pembiayaan pemeriksaan ke dokter spesialis mata, namun juga biaya kacamata atau juga lensa kontak yang dibeli di optik. Jadi pastikan bahwa asuransi yang teman-teman beli juga memberikan perlindungan terhadap kesehatan mata.

Resep obat


Perlindungan asuransi kesehatan umumnya juga memberikan perlindungan biaya untuk menebus resep obat yang diberikan oleh dokter. Biasanya resep obat ini termasuk dalam paket pembiayaan rumah sakit, jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Namun ada beberapa kasus bahwa obat yang digunakan hanya untuk kelas tertentu saja, misal kelas standart dan jika ingin meningkatkan obat maka harus membayar selisih biaya.

Oleh karena itu cakupan perlindungan biaya obat yang harus ditebus ini termasuk hal yang perlu diperhatikan ketika membeli produk asuransi kesehatan.

Dokter spesialis


Selain biaya rumah sakit, umumnya asuransi kesehatan bisa kita gunakan untuk pembiayaan di tempat praktek dokter spesialis. Beberapa asuransi kesehatan memberikan kebebasan kepada kita untuk memilih dokter spesialis yang kita inginkan. Sehingga kita bisa lebih leluasa menentikan yang terbaik untuk kesehatan kita, dan itu akan mendapatkan perlindungan biaya dari asuransi kesehatan yang kita beli.

Biaya premi


Kemudian yang paling penting dalam memilih asuransi kesehatan adalah pastikan bahwa premi yang harus dibayar sesuai dengan kondisi ekonomi teman-teman. Memang secara keinginan pasti kita ingin lebih, ingin mendapatkan fasilitas terbaik, layanan terbaik untuk kesehatan kita dan keluarga.  Namun produk asuransi kesehatan terbaik juga memiliki harga yang tinggi.

Harga tinggi tidak masalah jika kondisi ekonomi teman-teman masih mencukupi, namun jika tidak dapat membeli produk asuransi dengan biaya tinggi maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Paling tidak teman-teman memiliki perlindungan kesehatan jika terjadi masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Demikian informasi tentang memilih produk asuransi kesehatan yang bisa saya bagikan. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Post a Comment for "Cara memilih asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga"