Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Fungsi Google Drive Selain Penyimpanan Data Online

Teman-teman Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi tentang Google Drive. Dimana Google Drive ini adalah produk dari Google yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai penyimpanan cloud atau penyimpanan data secara online. Mungkin orang-orang memahami Google Drive hanya sebagai media penyimpanan online saja, padahal dengan Google Drive kita bisa melakukan banyak hal untuk menunjang produktivitas kita.

google, google drive, data online, penyimpanan data, fungsi google drive
Berikut adalah beberapa fungsi yang bisa dilakukan oleh Google Drive  yang dapat menunjang berbagai aktivitas dan produktivitas kita.

Menyimpan file secara online


Yang pertama tentunya sesuai dengan fungsi Google Drive yaitu sebagai media penyimpanan online. Sehingga fungsi utama Google Drive seperti yang kita pahami semua Google terdapat menyimpan data-data yang kita miliki secara online.  Google Drive tidak jauh berbeda dengan hardisk atau juga flash disk yang bisa digunakan untuk menyimpan data. Perbedaannya adalah Google Drive menyimpan data secara online sehingga kita membutuhkan akses internet untuk mengambil  atau membuka data tersebut. Kecuali data tersebut sudah diunduh sebelumnya sehingga kita bisa membukanya secara offline.

Sinkron data dari laptop ke smartphone


Yang kedua fungsi Google Drive yaitu dapat melakukan  sinkronisasi dari smartphone ke laptop atau sebaliknya dari laptop ke smartphone. Misalnya kita mengetik atau membuat data di smartphone kemudian kita menyimpannya di Google Drive, maka secara otomatis data yang ada di smartphone bisa kita akses melalui laptop.

Untuk mengakses melalui laptop kita membutuhkan akses internet untuk melakukan sinkronisasi data.  Di sini ada dua cara yang bisa digunakan yaitu kita bisa membuka Google Drive secara online, atau mengunduh Google Drive dan menginstalnya di laptop.

Jika kita mengunduh Google Drive dan menginstalnya di laptop, maka saat laptop  terhubung dengan koneksi internet cara otomatis akan melakukan sinkronisasi data. Data yang telah disinkronisasi di laptop tersebut akan bisa diakses secara online melalui smartphone.

Demikian juga sebaliknya jika kita melakukan aktivitas di laptop kemudian menyimpannya di folder Google Drive yang terinstal di laptop. Pada saat laptop terhubung dengan koneksi internet maka Google Drive yang sudah terinstal tersebut akan melakukan sinkronisasi data. Setelah data sinkronisasi di laptop maka kita bisa mengakses data tersebut menggunakan Smartphone di manapun kita berada.

Akses data kapanpun dan dimanapun


Keunggulan lain dari Google Drive yaitu kita bisa menyimpan data dan membukanya kapanpun dan dimanapun, asalkan kita memiliki akses internet. Namun jika kita akan menuju ke lokasi atau daerah yang tidak ada jaringan atau akses internet, maka kita bisa mengunduh atau melakukan sinkronisasi data sebelumnya saat berada di daerah atau wilayah yang memiliki koneksi atau jaringan internet.

Dengan demikian Google Drive ini ini akan sangat bermanfaat bagi kita saat kita membutuhkan data dimanapun dan kapanpun. Tanpa harus menyimpan atau membawa hardisk atau juga flashdisk bahkan kita tidak membawa laptop pun kita bisa mengakses atau membuka data yang kita miliki melalui smartphone.  Karena smartphone ini biasanya akan selalu kita bawa sebagai alat komunikasi dan penunjang kerja kita.

Kita tidak perlu khawatir saat laptop flashdisk atau harddisk tertinggal, ketika data yang ada didalamnya kita butuhkan saat itu juga.  Saat kita menyimpan data  di Google Drive maka kita bisa membukanya dimanapun kita berada,  selama ada akses internet. Sekalipun kita tidak membawa smartphone sebenarnya kita bisa mengakses Google Drive kita misalnya dengan meminjam smartphone teman kita atau  laptop selainnya untuk mengambil atau membuka data yang kita simpan secara online.

Backup data whatsapp


Yang ketiga, selain menyimpan data hasil kerja kita secara online di Google Drive ternyata Google Drive ini juga bisa membantu kita melakukan Pengamanan data yang ada di aplikasi WhatsApp kita.  Perlu teman-teman ketahui bahwa WhatsApp memiliki fitur untuk melakukan back up cara berkala di Google Drive. Jadi WhatsApp akan memindahkan data berupa teks gambar dan juga video serta history kita dari WhatsApp ke Google Drive.

Data-data whatsapp yang telah di backup di Google Drive  bisa kita akses kembali, saat WhatsApp yang kita gunakan sedang error atau handphone yang kita gunakan sedang rusak. Tentunya cara yang harus dilakukan adalah dengan melakukan instal ulang aplikasi WhatsApp kemudian saat masuk ke akun Whatsapp. Teman-teman bisa memasukkan data yang berhasil di backup terakhir kali melalui Google Drive.

Share dan Transfer data


Yang keempat bahwa Google Drive akan memudahkan kita dalam melakukan transfer data. Selain melalui email Jadi kita bisa melakukan Pengiriman data secara online hanya dengan mengirimkan Link Google Drive saja. Link data Google Drive ini kita bisa bagikan melalui WhatsApp atau media yang lainnya tanpa perlu membuka akun email.

Google Drive juga memberikan fitur privasi saat kita membagikan data. Sehingga tidak semua orang bisa membaca atau mengakses data yang kita bagikan tersebut. Untuk membuka data yang kita miliki, kita dapat memberikan akses pada orang tertentu dengan memasukkan alamat email Google orang yang akan kita berikan data atau mengijinkan dia untuk mengakses data kita. Sehingga kita bisa membatasi hanya orang-orang tertentu yang bisa mengakses. Sekalipun dia memiliki link tapi jika tidak memiliki akses maka dia tidak bisa membuka atau mengunduh data yang kita bagikan.

Membuka Google Doc, Google Sheet, dan Google Slides


Yang kelima, jika kita membuka aplikasi Google Drive melalui smartphone maka disitu akan muncul Google Docs Google sheet dan juga Google slide. Artinya bahwa Google Drive ini ini mendukung untuk membuka dokumen baik berupa doc, sheet dan juga slide presentasi.Selain membuka teman-teman juga bisa membuat dokumen, lembar kerja sheet dan juga presentasi melalui Google Drive.

Namun masalahnya untuk melakukan atau membuat doc, sheet dan juga slide teman-teman harus menginstal aplikasi tambahan yaitu Google Docs, Google Sheet, dan Google slide. Sehingga teman-teman bisa membuka dan juga membuat dokumen yang teman-teman inginkan. Jadi Google Drive ini tidak berdiri sendiri namun memerlukan aplikasi tambahan dari Google tersebut.

Demikian informasi tentang fungsi Google Drive yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan atau ada yang ingin ditanyakan bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas.

Post a Comment for "6 Fungsi Google Drive Selain Penyimpanan Data Online"