Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review aplikasi youtube studio untuk smartphone android

Aplikasi YouTube studio adalah aplikasi yang disediakan oleh Google yang bisa teman-teman dapatkan di Google Play Store. Jika teman-teman adalah seorang youtuber, mungkin teman-teman sedikit banyak sudah mengetahui tentang aplikasi YouTube studio yang ada di Google Play Store.
youtube, aplikasi, google play, studio, analitik

Namun jika teman-teman adalah youtuber yang baru maka perlu mempelajari tentang YouTube Studio, karena aplikasi ini akan sangat berguna bagi teman-teman.

Dalam kesempatan ini saya akan sedikit mengulas tentang aplikasi YouTube studio yang bisa didapatkan dari Google Play Store. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak artikel saya berikut ini.

Apa itu youtube studio?


Jadi sebenarnya apa itu aplikasi YouTube studio itu? Perlu teman-teman ketahui bahwa aplikasi YouTube studio adalah aplikasi yang disediakan oleh Google, untuk mengakses channel YouTube yang kita miliki melalui smartphone. Jadi dengan aplikasi ini teman-teman akan sangat mudah dalam mengatur channel YouTube baik video dan juga  melihat performa channel atau juga video yang  teman-teman miliki.

Pada dasarnya aplikasi YouTube Studio dibuat untuk memudahkan para youtuber untuk memantau konten dan juga channel  yang dimiliki. Sehingga youtuber akan dengan mudah untuk mengecek kondisi channel tanpa perlu membuka laptop. Jadi semua bisa dilakukan dengan aplikasi YouTube Studio.

Perbedaan dengan aplikasi youtube?


Jika teman-teman membuka Google Play Store kemudian mengetikkan kata kunci YouTube di Play Store mungkin teman-teman akan menjumpai aplikasi YouTube dan juga YouTube Studio.

Sebagai informasi bahwa aplikasi YouTube, YouTube go,  atau juga YouTube Kids adalah aplikasi yang digunakan oleh pengguna YouTube untuk menonton video. Jadi aplikasi ini bisa digunakan oleh semua orang untuk menonton video yang ada di YouTube

Sedangkan YouTube studio adalah aplikasi yang khusus digunakan oleh youtuber atau konten kreator yang mengunggah videonya di YouTube.

Jadi sudah terlihat jelas perbedaan antara  aplikasi YouTube untuk menonton video dan juga aplikasi YouTube studio yang digunakan khusus oleh content Creator  YouTube atau yang sering dikenal sebagai youtuber.

Fitur apa yang ada dalam youtube studio?


Dalam aplikasi YouTube Studio terdapat berbagai fitur yang bisa digunakan oleh content creator. Fitur utama yang disediakan dalam YouTube studio, yaitu kita dapat mengedit informasi video kita. Mulai dari judul, deskripsi, tag, pemasangan iklan dan banyak lagi yang lainnya.

Setelah kita mengunggah video di YouTube namun kondisinya belum kita publikasikan, maka kita bisa melakukan publikasi melalui aplikasi YouTube studio ini. Karena  di aplikasi YouTube studio juga disediakan pilihan untuk publikasi atau memprivat video yang kita miliki.

Selain melakukan setting pada informasi video yang kita miliki, aplikasi YouTube studio juga memiliki fitur analitik.  Dengan menggunakan fitur Analitik ini kita bisa mengetahui berbagai macam, terutama performa channel yang kita miliki. Mulai dari  pengunjung saat ini yang ada di channel kita  kemudian video yang sedang naik saat ini bisa dipantau dari youtube studio.

Kita juga bisa mengetahui jumlah penayangan video channel kita dalam kurun waktu tertentu. Kita bisa mensetting selama 24 hari, 7 hari ,90 hari. Atau setahun bahkan Kita juga bisa melihat jumlah penayangan selama channel kita mulai dari dibangun hingga detik ini.

Selain itu, Kita juga bisa mengetahui bagaimana performa pendapatan kita dari channel YouTube. Kemudian video-video mana yang memberikan kita pendapatan terbesar dari channel YouTube yang kita miliki.

Masih banyak lagi yang lainnya yang bisa kita ketahui melalui analitik yang ada di aplikasi YouTube  Studio. Termasuk kita bisa mengetahui demografis penonton video pada channel kita, mulai dari jenis kelamin usia negara asal mereka.

Dengan YouTube studio kita bisa melakukan interaksi dengan pengunjung atau viewer kita. Ketika mereka melakukan komentar, maka kita bisa membalas komentar tersebut melalui aplikasi YouTube studio yang ada di Smartphone kita.

Perbandingan dengan versi browser smartphone?


Aplikasi YouTube studio jika dibandingkan dengan  dashboard YouTube yang ada di browser smartphone jelas berbeda. Aplikasi Youtube studio memiliki satu kekurangan yaitu tidak dapat digunakan mengupload atau mengunggah video ke channel YouTube. Sehingga jika teman-teman ingin mengunggah video ke YouTube lebih baik teman-teman menggunakan browser yang ada di smartphone atau laptop.

Jika dibandingkan dengan dasbor YouTube yang ada di browser laptop, jelas aplikasi YouTube studio kalah jauh. Karena dasbor yang ada di laptop akan lebih lengkap dan fiturnya lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi YouTube Studio.

Kembali lagi jika dibandingkan dengan Browser yang ada di Smartphone, YouTube studio memiliki tampilan yang lebih enak dan lebih mudah digunakan  kekurangannya hanya tidak bisa digunakan untuk mengunggah video ke YouTube.

Kesimpulan


Secara umum aplikasi YouTube studio akan sangat membantu dan memudahkan kita para youtuber untuk melakukan setting informasi video yang dimiliki, kemudian mempublikasikan dengan atau tanpa iklan.

Kemudian dengan adanya aplikasi YouTube studio yang ada di Smartphone ini, youtuber akan dengan mudah untuk memantau video dengan saat melakukan mobilitas yang tidak membawa laptop.

Di saat melakukan mobilitas, youtuber bisa memantau channel hanya dari smartphone. Dari situ bisa mendapatkan ide-ide bagaimana cara untuk meningkatkan channel yang dimiliki. Dari aplikasi youtube studio juga bisa mendapatkan cara mengatasi jika terjadi penurunan pada channel yang dimiliki.

Demikian informasi singkat yang bisa saya tuliskan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan atau masukan tentang aplikasi YouTube studio, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.


Post a Comment for "Review aplikasi youtube studio untuk smartphone android"