Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips merayakan idul fitri saat pandemi corona

Idul fitri 2020 tidak terasa akan datang. Namun idul fitri di tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya, karena tahun ini terjadi wabah penyakit corona atau covid 19. Hadirnya penyakit ini mengubah banyak hal dalam kehidupan, termasuk kegiatan ibadah saat bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 2020.

Idul fitri 2020, lebaran, islam, hari raya, ucapan,

Karena covid19 membuat lebaran 2020 berbeda karena kita tidak boleh mudik, ditiadakan sholat ied, serta tidak diperbolehkan halal bi halal. Namun teman-teman masih bisa merayakan lebaran 2020 dengan meriah dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Takbir sekeluarga di rumah


Takbir merupakan bagian dari hari raya idul fitri, bahkan tradisi takbir keliling atau berkumpul di masjid juga tradisi yang dilakukan tiap merayakan hari raya idul fitri.

Namun di tahun 2020 akan berbeda dengan tahun sebelumnya, karena ada pandemi virus corona. Jadi takbir masih tetap bisa dilakukan tapi di rumah saja bersama anggota keluarga. 

Jadi suasana idul fitri tetap bisa menyenangkan di rumah dengan suasana keakraban dengan anggota keluarga.

2. Salaman / sungkem dengan anggota keluarga di rumah


Selama pandemi corona terjadi, lebih baik dirumah saja untuk merayakan idul fitri di tahun 2020. Tradisi salaman dan saling minta maaf akan lebih sakral jika dilakukan di internal keluarga.

Jadi tidak perlu lagi halal hi halal keliling kampung atau berkunjung ke rumah keluarga yang lain.


3. Silaturahmi online dengan video conference


Meski halal bi halal keliling dari rumah ke rumah tidak diperbolehkan saat pandemi corona. Bukan berarti halal bi halal tidak bisa dilakukan.

Teman-teman masih tetap bisa melakukannya dengan adanya teknologi video conference online. Misal dengan google meet, microsoft teams, zoom, video call whatsapp, dan sebagainya.

4. Makan hidangan lebaran


Hari raya idul fitri juga identik dengan makanan baik opor ayam atau yang selainnya. Saat pandemi virus corona teman-teman harus merayakan idul fitri di rumah saja.

Agar tetap betah dan tidak bosan di rumah, teman-teman bisa menyediakan dan makan makanan khas hari raya idul fitri. Makan dengan keluarga di rumah saat pandemi virus corona bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga agar tetap harmonis.

5. Streaming film atau Ngegame


Jika semua tradisi lebaran sudah dilakukan, pasti bingung kan mau ngapain lagi? Teman-teman bisa mengisi waktu dengan banyak hal agar tetap betah dan tidak bosan di rumah.

Ngegame atau nonton film bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengusir rasa bosan saat di rumah selama masa pandemi corona ini. Karena moment idul fitri, teman-teman bisa juga nonton film dengan tema tentang Islam.

Nah itu artikel tips merayakan hari raya idul fitri yang bisa saya bagikan. Jika teman-teman ingin menambahkan, silakan disampaikan di kolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Terima kasih telah membaca.

Post a Comment for "Tips merayakan idul fitri saat pandemi corona"