Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara meningkatkan kecerdasan otak

Kecerdasan otak dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu karena asupan makanan. Tidak hanya anak-anak saja yang perlu meningkatkan kemampuan otak, karena semakin bertambah usia atau semakin tua maka akan terjadi penurunan kinerja otak. Oleh karena itu untuk menjaga kecerdasan otak perlu mengkonsumsi makanan yang sehat.


kecerdasan, minyak ikan, omega 3, kesehatan

Dalam artikel ini akan coba saya uraikan beberapa makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Blueberry


Mengkonsumsi blueberry secara teratur dipercaya dapat meningkatkan kemampuan belajar dan kinerja motorik tubuh. Dari berbagai sumber juga menyampaikan bahwa blueberry dapat bekerja membantu mengobati penyakit alzheimer, stres, dan demensia.


Alpukat


Buah alpukat banyak dijumpai di Indonesia, namun siapa sangka bahwa alpukat memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Banyak orang yang menganggap bahwa alpukat memiliki lemak baik yang bermanfaat untuk melancarkan aliran darah karena akan melawan kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah.

Dengan lancarnya aliran darah, maka asupan oksigen ke otak juga akan lebih lancar. Ketika otak mendapatkan asupan oksigen yang cukup, maka otak akan bekerja lebih baik.

Omega 3 dari ikan laut


Mungkin bukan hal baru bahwa omega 3 bisa bermanfaat bagi perkembangan otak. Untuk mendapatkan omega 3 bisa dengan mengkonsumsi ikan laut seperti salmon. Perlu diketahui bahwa ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3. Namun jika sulit mendapatkan ikan salmon yang harganya juga sangat mahal, maka bisa membeli minyak ikan omega 3 yang tersedia di apotek.

Kacang-kacangan


Berbagai jenis kacang dapat dijumpai di Indonesia seperti kacang almond, biji bunga matahari, kacang tanah, kacang mete, kacang merah, kacang hijau dan masih banyak lagi. Perlu teman-teman ketahui bahwa berbagai jenis kacang-kacangan ini adalah sumber vitamin E. Vitamin E sangat diperlukan oleh otak untuk meningkatkan fungsi berpikir dan melakukan mencegah kinerja otak agar tidak menurun.

Teh hangat


Yang terduga bahwa teh hangat ternyata dapat meningkatkan kecerdasan dan kinerja otak. Meski teh hangat bukan jenis makanan, namun agar otak tetap sehat maka teh hangat layak untuk dipertimbangkan sebagai minuman sehari-hari.

Perlu diketahui bahwa teh sangat terkenal dengan kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan tinggi pada teh ini akan membantu menjaga aliran darah agar tetap lancar.Teh ada banyak jenisnya, untuk mendapatkan antioksidan tinggi bisa menggunakan teh hijau, teh putih, hingga teh hitam.

Coklat


Mungkin teman-teman sering mendengar bahwa makan coklat dangan memperbaiki kondisi mood yang buruk. Ini karena coklat memiliki kandungan antioksidan kuat dan beberapa stimulan alami yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus seseorang. Selain itu konsumsi coklat juga dapat membantu tubuh memproduksi hormon endorfin yang bisa membantu mengembalikan suasana hati yang lebih baik.

Jadi demikian beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kecerdasan dan kinerja otak. Jika teman-teman memiliki tambahan informasi atau masukan, bisa disampaikan di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Post a Comment for "Cara meningkatkan kecerdasan otak"