Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Penyebab jerawat di wajah wanita dan pria

Jerawat bisa menjadi masalah yang serius bagi sebagian orang, karena jerawat bisa membuat seseorang tidak percaya diri akan penampilannya. Jerawat pada umumnya muncul dibagian wajah, nah ini yang sangat menjengkelkan karena akan terlihat oleh orang lain. Untuk terhindar dari jerawat, teman-teman bisa menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan jerawat berikut ini.


jerawat, penyebab jerawat, wajah,

1. Jarang olahraga


Untuk teman-teman yang jarang olahraga, siap-siap ya karena berpeluang besar bisa terkena jerawat. Perlu diketahui bahwa olahraga bisa menurunkan tingkat stress. Nah, saat stres ini bisa memicu hormon yang menyebabkan jerawat. Sehingga bagi yang jarang olahraga dan tingkat stresnya tinggi, biasanya berpeluang besar bisa muncul jerawat di wajah.

2. Penggunaan kosmetik


Biasanya bagi cewek nih yang sering menggunakan make up atau kosmetik secara berlebihan. Perlu teman-teman ketahui bahwa kosmetik atau make up bisa menyebabkan iritasi kulit dan menyumbat pori-pori pada kulit. Penyumbatan pori kulit ini dapat menyebabkan jerawat diwajah.

Oleh karena itu penggunaan make up atau kosmetik bisa sewajarnya saja, tidak terlalu berlebihan (tebal) dan senantiasa membersihkan wajah agar bersih dari bahan atau zat-zat yang terkandung pada kosmetik tersebut. Langkah ini dianggap ampuh untuk mengindari jerawat di wajah.

3. Makanan tidak sehat


Kuliner saat ini ada sangat banyak jenisnya dan sangat menggoda kan teman-teman. Namun harus hati-hati ya karena dari makanan ini bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah.

Kurang konsumsi makanan yang tidak sehat yang mengandung vitamin, mineral dan zat lain yang dibutuhkan oleh kulit bisa menyebabkan jerawat. Asupan makanan yang hits kadang jauh dari unsur sehat untuk kulit, yang mengakibatkan kulit kurang nutrisi penting dari bahan sayur dan buah misalnya.

4. Sering menggunakan sabun muka


Cuci muka dengan sabun muka yang berlebihan juga tidak baik untuk kulit sebenarnya. Ini karena scrub pada pada sabun muka bisa menyebabkan iritasi kulit dan membuat permukaan kulit akan terkelupas.

Sehingga kulit akan memproduksi minyak berlebih untuk menggantikan apa yang hilang di permukaan kulit akibat terlalu sering di cucui. Minyak berlebih ini sangat berpeluang untuk menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.


5. Jarang mencukur


Cukuran seperti kumis atau jenggot ternyata bisa menghindarkan wajah dari jerawat. Dengan mencukur rambut pada wajah bisa membantu mencedah menyebarnya jerawat. Mencukur juga bisa membersihkan penyumbat pori-pori pada kulit wajah dan komedo. Namun, harus tetap hati-hati dalam mencukur rambut pada wajah. Karena jika terlalu sering dilakukan juga bisa terjadi infeksi atau peradangan pada kulit akibat dari pisau cukurnya.


Nah, itu adalah lima penyebab jerawat wajah yang bisa teman-teman hindari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Jika ada tambahan informasi, bisa disampaikan di kolom komentar ya.

Post a Comment for "5 Penyebab jerawat di wajah wanita dan pria"