Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat punya kebun cabai bagi pekerja

Berkebun memang salah satu bentuk hobi, bahkan tidak sedikit orang yang menjadikan berkebun atau bertani sebagai profesi dan sumber pendapatan. Jika teman-teman memiliki hobi berkebun, berarti ada kesamaan hobi dengan saya.

Manfaat punya kebun cabai bagi pekerja

Saya sendiri memiliki kebun cabai di pekarangan rumah. Meski ukurannya tidak terlalu besar, kabun cabai ini sangat bermanfaat bagi saya, keluarga, dan para tetangga.

Manfaat punya kebun cabai bagi pekerja


Meski berkebun cabai bukan menjadi sumber pengasilan saya, namun saya tetap menikmati aktifitas ini. Hal ini karena ada beberapa alasan mengapa saya suka berkebun cabai. Diantaranya akan saya uraikan dibawah ini.

Masakan keluarga


Karena tanaman yang saya tanam adalah cabai, secara langsung bisa dimanfaatkan keluarga untuk memasak. Apalagi keluarga hobi makan pedas dan merasa makan belum lengkap jika tidak ada sambal.

Manfaat punya kebun cabai bagi pekerja


Jadi kebutuhan cabai untuk memasak sehari-hari bisa terpenuhi dari kebun yang saya rawat. Apalagi cabai ini bisa terus subur sepanjang tahun sekalipun musim kemarau. Asal terus disiram agar tetap segar atau tidak layu serta berbuah.

Lebih-lebih saat harga cabai melambunh tinggi, kebun cabai ini bisa menolong ekonomi karena tidak perlu membeli cabai yang harganya mahal.

Untuk refreshing


Manfaat berkebun cabai selanjutnya adalah sebagai media refreshing saya dan keluarga.

Misalnya saat pikiran capek dan jenuh karena pekerjaan, maka dengan cuma datang dan melihat tanaman cabai di kebun akan bisa menghilangkan rasa jenuh tersebut.

Tak hanya melihat tanaman cabai saja yang bisa menghilangkan jenuh dan stres akibat pekerjaan. Proses menyiram, memupuk, mencabut rumput, hingga panen juga sangat membantu untuk menghilangkan stres dan penat akibat bekerja.

Untuk berbagi


Dengan adanya kebun cabai ini, bisa saya pastikan bahwa cabainya tidak akan habis untuk di konsumsi sendiri dalam satu keluarga. 

Sehingga keluarga memutuskan untuk memanen berkala dan membagikan secara rata ke tetangga kanan kiri depan belakang. Tak cuma itu, saudara yang datang pun tidak luput dibungkuskan cabai dari kebun sendiri. Bahkan tak jarang saudara yang memetik sendiri cabainya di kebun.

Untuk dijual


Penjualan cabai ini sebenarnya bukan tujuan awal. Namun jika kedepan ada peluang bisnis cabai, boleh lah saya coba.

Pengennya bisa jualan mulai dari cabai segar, cabai kering hingga olahan cabai seperti berbagai jenis sambal dan bubuk cabai.

Membuat produk olahan cabai ini telah dicoba oleh istri terutama sambal, cabai bubuk dan abon cabai.

Edukasi keluarga


Hal yang paling penting dari semua manfaat adalah kebun cabai ini bisa menjadi sarana belajar untuk keluarga. 

Tidak hanya belajar tanam dan merawat cabai, tapi belajar sabar dalam berproses mulai dari tahap awal persiapan lahan hingga tahap pemanenan.

Nah demikian informasi tentang manfaat berkebun cabai yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas.

Jika teman-teman ada pengalaman berkebun juga, bisa dibagi juga pengalamanya kepada pembaca yang lain. Sampaikan pengalaman berkebun di kolom komentar dibawah ini ya.

Post a Comment for "Manfaat punya kebun cabai bagi pekerja"