Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang bisnis rumahan sebagai pekerjaan full time dan sampingan

Bisnis rumahan memang menjadi pekerjaan yang menjanjikan saat ini. Biasanya orang yang melakukan bisnis rumahan terdiri dari dua yaitu orang yang memang full time melakukan bisnis rumahan, kemudian yang kedua adalah bisnis rumahan dijadikan pekerjaan sampingan. Bagi yang melakukan bisnis rumahan sebagai pekerjaan sampingan ini memiliki pekerjaan utama, sebagai karyawan misalnya.


peluang bisnis, peluang usaha, bisnis online, bisnis rumahan, usaha rumahan, bisnis digital, freelancer

Bagi teman-teman yang ingin melakukan bisnis rumahan baik sebagai pekerjaan full time atau sebagai sampingan saja, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan bisnis rumahan.

Faktor minat bisnis


Jadi hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan bisnis rumahan adalah minat terhadap bisnis. Ini karena tidak semua orang menyukai berbisnis, sehingga perlu dipertimbangkan seberapa besar minat teman-teman terhadap bisnis.

Perlu diketahui bahwa minat terhadap bisnis ini akan mempengaruhi seseorang dalam menjalankan bisnis kedepannya. Misalnya bisnis yang dijalankan sepi pembeli atau pelanggan, jika orang yang minat bisnis akan terus berusaha agar bisnisnya bisa berjalan diminati pelanggan. Namun jika minat bisnisnya kecil, ketika bisnis berjalan dan saat sepi pembeli maka akan mudah putus asa.

Minat bisnis ini bisa menjadi faktor penyemangat yang membuat seseorang konsisten menjalankan bisnisnya dalam kondisi apapun.

Mencari peluang bisnis rumahan


Tidak semua orang bisa membaca peluang bisnis lho. Jika ingin melakukan bisnis rumahan, namun tidak tahu bisnis apa yang akan dijalankan maka bisnis juga akan sulit diwujudkan.

Sebenarnya bisnis rumahan itu sangat banyak peluangnya baik dalam bidang penjualan produk atau membuat jasa.

Contoh sederhana misalnya membuka warung makan dirumah jika tinggal di perumahan, ini bisa menjadi peluang karena penduduk perumahan yang biasanya pekerja butuh makan yang instan tanpa perlu masak. Selain itu untuk pekerja sering membutuhkan penitipan anak, sehingga mereka merasa aman dalam bekerja saat mengetahui anaknya dalam pengasuhan orang yang tepat.

Dalam perkembangan teknologi aplikasi transportasi online, membuka peluang bisnis makanan online yang bisa dijalankan dari rumah. Dengan membuat makanan dan menjualnya melalui aplikasi transportasi online.

Bahkan tak jarang juga orang yang menjual produk secara online baik itu di social media hingga marketplace online seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dan sejenisnya.

Jika teman-teman memiliki kemampuan misalnya fotografi atau videografi yang ditunjang peralatan yang mumpuni, jasa foto dan video juga bisa menjadi peluang bisnis rumahan yang sangat prospek. Apalagi jika membuat jasa foto atau video untuk wedding, ini banyak dicari orang yang akan melaksanakan pernikahan.

Peluang ini sangat banyak, tinggal teman-teman pembaca menyesuaikan dengan kondisi masing-masing. Pilih yang sangat memungkinkan untuk dilakukan dan sesuai kemampuan masing-masing.


Peluang bisnis online


Bisnis online ini bisa menjadi peluang tersendiri bagi seseorang. Sangat banyak yang bisa dilakukan dengan menggunakan internet baik itu untuk menjual jasa atau produk.

Kelebihan internet ini aksesnya tidak terbatas pada wilayah tertentu, bahkan seluruh dunia bisa mengakses layanan atau produk yang teman-teman jual.

Misalnya jualan online di instagram, facebook, marketplace online juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Social media atau marketplace ini cuma sebagai platform untuk memasarkan produk atau jasa saja sebenarnya, sementara produknya bagaimana?

Untuk produk, teman-teman bisa membuat produk sendiri sesuai kemampuan masing-masing. Atau jika tidak ingin ribet, teman-teman bisa mencari supplier barang yang akan dijual.  Banyak kok supplier produk menarik yang bisa dijual, misalnya di mall grosir yang memberikan produk murah untuk dijual lagi.

Selain jualan produk fisik, teman-teman juga bisa menjual layanan juga lho. Banyak situs freelancer online baik tingkat internasional hingga lokal Indonesia, yang bisa teman-teman gunakan untuk memasarkan layanan teman-teman. Misalnya jasa pembuatan logo, jasa penulisan artikel, jasa pembuatan aplikasi, pembuatan website, dan masih banyak lagi jasa yang bisa ditawarkan secara online.

Menjadi blogger dan youtuber menjadi peluang bisnis rumahan yang sangat memungkinkan untuk dilakukan juga lho teman-teman. Mungkin teman-teman sudah mengetahui berapa banyak pendapatan blogger atau youtuber Indonesia. Bahkan mereka bisa menjadi full time blogger atau youtuber dengan pendapatan jauh diatas gaji karyawan pada umumnya.

Mengatur waktu bisnis


Melakukan bisnis rumahan baik itu untuk full time atau sampingan juga perlu pengaturan waktu ya.

Bagi yang melakukan bisnis rumahan full time, harus benar-benar bisa mengatur waktu dengan baik. Karena saat full time bisnis, tidak ada bos yang selalu mengawasi sehingga ini akan sangat berpotensi terjadi teledor bahkan malas-malasan. Akibatnya jika tidak ada pengaturan waktu yang tepat, bisnis tidak akan berkembang bahkan mengalami kemunduran.

Bagi yang melakukan bisnis rumahan sebagai pekerjaan sampingan juga perlu mengatur waktu dengan baik juga. Pengaturan waktu kapan melakukan pekerjaan utama sebagai karyawan dan bisnis rumahan perlu dilakukan, agar kedua pekerjaan ini tidak tercampur dan fokusnya terbagi. Akibatnya, bisa jadi saat salah satu difokusi maka satunya lagi tidak terurus. Misal terlalu fokus di bisnis rumahan, bisa jadi pekerjaan sebagai karyawan tertinggal dan bisa menjadi masalah di kantor.

Demikian informasi singkat mengenai bisnis rumahan yang bisa teman-teman jalankan baik full time atau pekerjaan sampingan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Jika teman-teman ingin berbagi informasi tentang bisnis rumahan juga, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini ya.

Post a Comment for "Peluang bisnis rumahan sebagai pekerjaan full time dan sampingan"