Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan affiliate marketing bagi pemilik produk dan pemasar

Affiliate marketing bisa menjadi suatu istilah asing bagi orang yang tidak pernah masuk dalam bidang internet marketing. Jadi buat teman-teman yang belum pernah mengetahui affiliate marketing, dalam artikel ini akan saya coba untuk berbagi informasi tentang affiliate marketing sesuai dengan apa yang saya ketahui.

affiliate marketing, komisi, bisnis, penghasilan tambahan, internet marketing,
Jadi perlu teman-teman ketahui bahwa affiliate marketing ini merupakan salah satu teknik dalam internet marketing. Biasanya affiliate marketing ini dilakukan oleh pemilik produk atau jasa yang menyediakan berbagai perlengkapan marketing bagi siapa saja yang ingin membantu memasarkan produk atau layanannya.

Komisi affiliate marketing


Bagi seseorang yang menjual produk atau layanan, mereka akan mendapatkan komisi dari pemilik produk atau layanan tersebut. Misalnya berhasil menjual produk senilai 1 juta rupiah, dan dalam kesepakatan affiliate marketing akan mendapatkan komisi 25% tiap terjadi transaksi maka orang yang berhasil melakukan penjualan akan mendapatkan komisi 250ribu rupiah.

Affiliate marketing ini memiliki kelebihan baik bagi orang yang membantu memasarkan produk atau juga penyedia produk / layanan.

Kuntungan bagi pemasar


Bagi yang membantu memasarkan produk ini bisa mendapatkan komisi atau pendapatan dengan menjual produk tanpa harus memiliki atau memproduksi produk tersebut.

 Selain itu juga biasanya perlengkapan marketing seperti gambar produk hingga video disediakan oleh penyedia produk, jadi tugas pemasar hanya mempromosikan produk ini kepada calon pelanggan.

Keuntungan bagi penyedia produk / layanan


Bagi penyedia produk ada keuntungan sendiri yang didapatkan, yaitu mereka tidak perlu membayar tenaga marketing. Hal ini karena menggunakan jasa para internet marketer dengan sistem afiliasi, dengan cukup membayar komisi jika berhasil menjual. Apakah mereka rugi dengan membayarkan komisi? tidak, karena komisi dikeluarkan jika terjadi penjualan. Sehingga logikanya, semakin banyak komisi yang dikeluarkan maka otomatis semakin banyak juga penjualan yang terjadi.

Biasanya affiliate marketing melalui internet ini menggunakan link khusus. Tiap orang yang bergabung dalam sistem afiliasi tersebut akan memiliki link tertentu yang mengarah ke halaman produk yang dijual. Link khusus ini berfungsi untuk melacak dari siapa suatu penjualan. Sehingga ini akan memudahkan untuk mengetahui siapa saja yang berhasil menjual, dengan demikian komisi juga tidak akan salah diberikan kepada siapa.


Daftar affiliate marketing amazon, tokopedia, bukalapak, dan penyedia webhosting


Sistem affiliate marketing ini banyak dilakukan di internet saat ini. Seperti ecommerce terbesar amazon.com memberikan komisi kepada orang yang bergabung dalam sistem afiliasinya, tentu komisi diberikan jika berhasil menjual melalui link masing-masing.

Di Indonesia sendiri ecommerce besar seperti tokopedia dan bukalapak juga menyediakan program affiliate marketing untuk memasarkan produk-produk yang dijual di ecommerce tersebut.

Tak hanya ecommerce, yang nge-hits dengan komisi besar yaitu website penyedia layanan hosting dan domain juga menggunakan affiliate marketing untuk memasarkan layanan hosting dan domainnya.

Nah, apakah teman-teman pembaca ada yang minat bergabung dalam affiliate marketing? Banyak peluang penghasilan tambahan yang bisa didapatkan dari sini. Teman-teman tinggal mendaftakan diri dan memasarkan produk dari penyedia produk dengan menggunakan link yang diberikan.

Semoga artikel tentang affiliate marketing ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas ya. Jika ada masukan atau tambahan, teman-teman bisa menyampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Keuntungan affiliate marketing bagi pemilik produk dan pemasar"