Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kandungan dan manfaat goldenseal untuk kesehatan

Goldenseal merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai ramuan kesehatan. Di Indonesia mungkin jarang dijumpai, karena memang tanaman ini banyak dijual di Amerika. Secara umum goldenseal digunakan sebagai antibiotik dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

manfaat goldenseal, goldenseal, khasiat goldenseal, kesehatan

Oleh suku Indian di Amerika, goldenseal digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan baik itu masalah pernapasan, infeksi saluran kecing, hingga masalah pencernaan yang disebabkan oleh infeksi atau alergi.

Penggunaan goldenseal untuk masalah kesehatan masih sangat banyak, tidak hanya yang disebutkan diatas. Menjelang abad ke 18 goldenseal mulai banyak dikenal sebagai tanamana herbal yang tersebar di Amerika dan Inggris. Hingga sekitar tahun 1850, goldenseal menjadi tanaman penting dalam perdagangan.

Secara tradisional goldenseal banyak digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, peradangan kulit, hingga sakit mata.

Goldsenseal ini banyak digunakan untuk mengatasi masalah kesehaan karena memiliki sifat anti-inflamasi, antibiotik, dan juga sifat astrigen.

Tanaman goldenseal dapat bekerja membantu fungsi kelenjar yang sehat untuk meningkatkan aliran empedu dan enzim pencernaan. Dengan demikian bisa membantu memperbaiki fungsi hati dan limpa agar tetap sehat.

Goldenseal digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan juga tanpa alasan. Hal ini karena goldenseal memiliki kandungan yang penting bagi tubuh. Beberapa kandungan yang ada dalam tanaman goldenseal antara lain vitamin A, vitamin B-kompleks, vitamin C, vitamin E, zat besi, kalsium, mangan, serta kandungan penting lainnya.

Bagian penting dari goldensela yang sering digunakan adalah bagian akar dan rimpang. Karena bagian akar goldenseal ini memiliki kandungan alkaloid isoquinolin yang banyak. Selain kandungan itu, akar goldenseal juga memiliki kandungan yang dapat meningkatkan antibiotik, anti-infeksi, dan kekebalan tubuh yang baik. Hal ini karena akar goldenseal memiliki kandungan berberin, hidrastin, canadaline, canadine, dan l-hydrastine.

Goldenseal dapat melawan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, protozoa, dan jamur. Hal ini karena goldenseal memiliki kandungan berberin alkaloid yang memiliki fungsi melawan infeksi akibat bakteri, jamur, dan protozoa tersebut.

Air rebusan goldenseal banyak digunakan untuk mengatasi masalah sariawan. Air rebusan goldenseal ini digunakan untuk kumur yang sangat bermanfaat mengatasi masalah infeksi gusi hingga sakit tenggorokan. Selain itu ekstrak goldenseal juga banyak digunakan dalam bentuk salep yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bisul, karena goldenseal dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan mengurangi peradangan.

Demikian informasi singkat tentang goldsenseal, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Jika teman-teman ingin menambahkan informasi tentang goldenseal, bisa langsung disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Kandungan dan manfaat goldenseal untuk kesehatan"