Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat tulisan pangkat (superscript) di microsoft word 2013

Superscript adalah istilah dalam microsoft word, yang berarti membuat huruf atau angka kecil diatas huruf atau angka lain. Angka atau huruf kecil disini memang ukurannya yang super kecil, jadi bukan diartikan huruf kecil (lowercase).


word, microsoft word, tutorial, superscript, microsoft office

Superscript ini biasanya digunakan dalam penulisan ukuran luas, volume seperti m2 atau dm3 bahkan penulisan rumus-rumus matematika juga sering menggunakan teknik superscript dalam microsoft word ini.

Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa mengikuti tahapan yang telah saya buat berikut ini.

1. Siapkan angka atau huruf yang akan diubah menjadi superscript

word, microsoft word, tutorial, superscript, microsoft office

Sebelum melakukan teknik superscript pada microsoft word, teman-teman siapkan dulu teks atau angka yang kan diubah menjadi superscript. Dalam konteks artikel ini saya menggunakan contoh 900km2 dan juga x2+y=7.

Pada contoh ini saya akan mengubah angkat 2 pada km2 dan juga x2 menjadi superscript.

2. Blok angka atau huruf yang akan diubah menjadi superscript

word, microsoft word, tutorial, superscript, microsoft office

Untuk mengubah angka 2 ini, yang perlu dilakukan pertama kali yaitu melakukan blok pada angka tersebut. Proses blok tidak bisa dilakukan pada keduanya sekaligus, jadi harus dilakukan satu per satu ya teman-teman.

3. Klik pada x2 (duanya diatas x) seperti pada contoh gambar


Setelah di blok, teman-teman bisa mengklik simbol x2 (duanya diatas x) seperti gambar pada menu home diatas. Dengan otomatis angka dua akan menjadi ukuran kecil dan posisinya akan naik diatas.

4. Gunakan tombol (ctrl+shift++)


Selain menggunakan menu home, teman-teman bisa dengan cepat melakukan superscript ini yaitu dengan menekan tombol ctrl, shift dan + secara bersamaan. Tombol (ctrl + shift + +) ini merupakan cara cepat untuk mengubah angka atau huruf menjadi superscript.


Demikian penjelasan singkat tentang cara mengubah angka atau huruf menjadi superscript di microsoft word 2013. Jika ada masukan atau pertanyaan, teman-teman bisa menyampaikannya di kolom komentar dibawah ini.

Teman-teman akan lebih mudah memahami cara ini jika dipraktekan langsung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Cara membuat tulisan pangkat (superscript) di microsoft word 2013"