Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Efek Gradasi (Gradient) Corel Draw X7

Efek Gradient atau gradasi pada corel draw biasa digunakan untuk menggabungkan dua warna atu lebih. Atau menjadikan suatu warna memiliki dua ujung yang utuh dan tipis.Gradient atau gradasi juga terdapat pada software desain grafis corel draw, yang biasanya digunakan untuk membuat gambar lebih artistik.

Buat teman-teman yang ingin membuat gradasi warna atau gradient effect pada corel draw, berikut saya tuliskan tutorial yang bisa membantu teman-teman.

Dalam tutorial ini saya menggunakan corel draw x7, sehingga bagi teman-teman yang menggunakan corel draw versi lain bisa menyesuaikan. Karena pada dasarnya cara kerja gradasi / gradient ini sama kok di semua versi corel draw.

1. Buka dokumen baru corel draw

corel draw, tutorial corel draw, membuat efek gradasi, gradient, gradasi warna

Untuk langkah pertama, buka dokumen baru corel dengan membuka file kemudian pilih new document. Dalam tutorial ini saya menggunakan dokumen dengan ukuran A4 dengan posisi landscape atau memanjang ke samping.

2. Pilih shape tools dan drag pada lembar kerja corel draw

corel draw, tutorial corel draw, membuat efek gradasi, gradient, gradasi warna

Setelah terbuka dokumen baru, teman-teman pilih shape sesuai dengan keinginan masing-masing. Pilihan shape ini ada banyak diantaranya kotak (rectangle), elipse (bulat), dan poligon (banyak sudut). Namun dalam artikel ini saya memberikan contoh yang sederhana yaitu bentuk kotak biasa (persegi panjang).

Setelah memilih shape, teman-teman bisa drag (menarik) shape di lembar kerja corel draw ini. Teman-teman bisa menyesuaikan bentuk dan juga besarnya gambar.

3. Pilih warna pada pallete tools untuk mewarnai gambar

corel draw, tutorial corel draw, membuat efek gradasi, gradient, gradasi warna

Setelah shape sudah ada di lembar kerja corel draw, teman-teman tinggal memberikan warna pada shape tersebut.

Caranya, tinggal klik shape (gambar) kemudian klik warna yang diinginkan. Warna ada di palet, samping kanan lembar kerja corel draw x7.

Jika di corel draw teman-teman tidak muncul warna, maka teman-teman bisa memunculkannya dengan membuka menu windows di corel draw, lalu pilih color palletes dan disitu akan muncul berbagai pilihan palet. Teman-teman tinggal pilih baik itu CMYK, RGB, atau default dari corel draw.

4. Pilih transparancy tools (simbol gelas) lalu drag pada gambar. Arahkan anak panah sesuai keinginan

corel draw, tutorial corel draw, membuat efek gradasi, gradient, gradasi warna

Setelah shape di berikan warna, maka teman-teman tinggal memberikan efek gradasi atau gradient. Bagi yang menggunakan corel draw x7, bisa klik gambar (shape) kemudian klik simbol gelas (transparncy tools) di toolbar di sebelah kiri lembar kerja corel draw x7.

Setelah itu teman-teman tinggal drag (tarik) arah panah gradasi di gambar (shape) untuk menentukan arah gradasi warna pada gambar.

5. Mengganti jenis gradasi (gradient)


corel draw, tutorial corel draw, membuat efek gradasi, gradient, gradasi warna


Jika teman-teman tidak suka dengan gradasi standar, maka bisa diubah juga kok pola gradasinya. Dengan memilih jenis gradasi atau gradient seperti yang ada pada gambar ini.

Demikian cara membuat efek gradasi pada gambar bentuk (shape) corel draw x7. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Selamat mencoba ya!

Post a Comment for "Cara Membuat Efek Gradasi (Gradient) Corel Draw X7"