Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh persaingan usaha yang sehat

Kompetisi atau Persaingan usaha mungkin sudah banyak yang mendengarnya, namun sering juga diartikan dalam hal yang negatif dan menyeramkan, sehingga hal ini membuat orang takut untuk bersaing. Padahal jika persaingan dilakukan secara sehat, maka usaha pun akan tumbuh dan berkembang lebih pesat.

usaha, bisnis, persaingan, persaingan usaha yang sehat, persaingan usaha tidak sehat,

Nah, dalam artikel ini saya akan mencoba membahas tentang bagaimana menempatkan persaingan sebagai suatu acuan dan motivasi agar usaha yang dijalankan bisa semakin meningkat.

Perlu teman-teman ketahui bahwa dengan adanya kompetisi atau persaingan, suatu bisnis bisa meningkat dengan pesat. Dengan catatan, persaingan yang dilakukan juga harus dilakukan secara sehat, sehingga tidak hanya satu usaha saja yang meningkat tapi justru akan meningkat bersamaan dan membentuk ekosistem bisnis yang sehat.

Hadirnya pesaing menurut saya adalah suatu hal yang penting dalam suatu usaha. Dengan cara berpikir bagaimana agar bisnis yang kita jalankan lebih maju didepan dari pesaing kita. Nah, disini pesaing bisa menjadi tolak ukur seberapa maju bisnis kita.

Agar lebih maju dari pesaing ini bukan malah melakukan cara yang tidak sehat, seperti melakukan fitnah dan cara-cara yang tidak beretika lainnya.

Cara pesaingan bisnis yang sehat misalnya dalam hal produk, bagaimana agar produk yang dihasilkan memiliki keunggulan dan berbeda dengan pesaing agar lebih dipilih oleh konsumen. Kemudian cara pelayanan konsumen agar lebih baik dari pesaing, sehingga konsumen akan kembali lagi untuk membeli. Hingga menggunakan media internet dalam melakukan promosi, yang mungkin itu juga dilakukan oleh pesaing..

Dengan gambaran persaingan yang sehat diatas, bisa diketahui bahwa bisnis yang baik bukan bisnis yang saling menjatuhkan namun bisnis yang saling tumbuh beriringan.

Ibaratnya balapan MOTO GP, antara pembalap bukan justru saling menjatuhkan saat di sirkuit tapi saling cepat menuju ke garis finish. Sehingga dengan demikian bisa menghasilkan balapan yang enak dilihat.

Demikian informasi singkat yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Jika ada yang ditanyakan atau tambahan bisa disampaikan di kolom komentar.

Post a Comment for "Contoh persaingan usaha yang sehat"