Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Bisnis Online Pembuat Konten Digital

Salah satu bisnis yang sedang banyak diminati adalah bisnis digital content atau publisher online. Sebenarnya publisher online itu apa sih?

Secara bahasa publisher merupakan bahasa Inggris, yang berarti penerbit. Publisher atau penerbit ini dulu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja yang mampu mencetak koran, majalah, radio, bahkan televisi.
konten digital, bisnis, bisnis online, digital content, peluang bisnis, youtube, instagram, social media,
Namun akibat dari cepatnya perkembangan teknologi, saat ini semua orang bisa menjadi publisher. Dengan berbagai macam pilihan media yang bisa digunakan untuk menerbitakan karya-karya seseorang.

Publisher online biasanya menerbitkan karya mereka baik itu berupa artikel atau teks, video, dan juga gambar. Bentuk karya digital ini sering disebut sebagai konten digital.

Tema atau apa yang dibahas tergantung kreatifitas masing-masing publisher. Misalnya ada yang menciptakan konten-konten yang berbau humor, politik, hingga kesehatan.

Untuk menjadi publisher online ini tidak begitu rumit, apalagi penyalurkan atau distribusi konten secara online. Banyak media sosial seperti facebook, hingga instagram yang bisa digunakan secara gratis untuk menerbitkan karya digital.

Selain itu ada juga youtube serta blog yang juga bisa menjadi media penyalur karya hasil kreatifitas seseorang.

Tinggal bagaimana menciptakan konten yang menarik, sehingga banyak orang yang melihat karya digital yang dihasilkan. Biasanya mereka yang tertarik dengan konten-konten yang dihasilkan, maka akan melakukan follow atau subscribe ke channel dimana kita menerbitkan karya-karya digital.

Lantas bagaimana hal ini jika dilihat dari aspek bisnis?


Seperti bisnis publisher konvensional, misalnya koran semakin tinggi oplah atau semakin banyak pembaca maka semakin tinggi juga peluang iklannya.

Demikian juga dengan bisnis publisher online, jika instagram memiliki follower yang banyak, blog memiliki visitor yang tinggi, youtube memiliki subscribe dan view yang banyak. Maka peluang mendapatkan pemasang iklan (advertiser) semakin tinggi.

Ada beberapa jenis pendapatan iklan yang didapatkan oleh publisher online ini. Misalnya youtuber atau blogger, mereka biasanya mendapatkan iklan langsung dari pengiklan. Selain itu juga mereka bisa mendapatkan bagi hasil iklan dari penyedia layanan iklan seperti Google.

Selain itu, bagi mereka yang aktif menggunakan instagram untuk menyalurkan karya digitalnya. Mayoritas mendapatkan iklan langsung baik itu dalam bentuk promosi berbayar, barter barang, hingga menyisipkan info produk / layanan pengiklan dalam konten yang dibuat.

Secara umum demikian konsep bisnis publisher online. Saat ini siapapun berkesempatan dan bisa menjadi publisher dengan membuat karya digital baik dalam bentuk tulisan, gambar, video, hingga musik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Jika ada yang ingin didiskusikan, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Peluang Bisnis Online Pembuat Konten Digital"