Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Utama dan Ide Turunan Dalam Menulis Artikel

Menulis artikel memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Memang tidak semua orang bisa dan senang menulis artikel. Tapi menulis artikel ini bisa dipelajari, sedangkan untuk minatnya juga bisa dipupuk. Dalam artikel ini saya akan berbagi tips menulis artikel, dimana artikel ini bisa digunakan untuk mengisi konten blog atau juga membuat caption di social media seperti instagram.


menulis artikel, cara menulis artikel, blog, blogging

Jika teman-teman baru mulai atau sedang bisnis di internet, dengan modal yang tidak cukup besar. Maka membuat konten artikel ini harus dilakukan. Paling tidak untuk membuat caption di instagram, deskripsi youtube, atau deskripsi produk di marketplace seperti bukalapak, tokopedia, dan sebagainya.

Terlebih lagi jika teman-teman mengelolah blog atau website untuk berjualan. Maka konten artikel ini harus untuk dilakukan.

Nah, berikut saya coba menulis beberapa tips untuk menulis artikel baik di blog, atau juga sosial media.

Berdasarkan pengalaman saya dalam menulis konten artikel, hal yang perlu saya siapkan pertama kali adalah ide yang akan ditulis.

Jadi, ide ini sangat penting dalam menulis konten artikel. Tanpa adanya ide menulis, maka suatu artikel tidak akan fokus pembahasannya dan cenderung melebar isinya.

Kemudian dari adanya ide ini, kita bisa mengembangkan artikel yang kita tulis dengan lebih mudah.

Setelah mendapatkan ide yang akan ditulis, tahap berikutnya yaitu menjabarkan ide tersebut.

Misalnya ide menulis “tutorial menghemat kuota internet ponsel”. Maka Anda perlu menjabarkan ide ini menjadi ide turunan yang lebih detail. Ide turunan terebut misalnya


1. Penyebab kuota cepat habis


2. Aplikasi yang boros kuota


3. Membeli kuota unlimited


Nah, jika sudah mendapatkan ide turunan seperti itu. Langkah berikutnya yaitu mendeskripsikan masing-masing ide turunannya.

Bagaimana jika masih sulit untuk menjabarkan atau menjelaskan ide turunan?

Satu satunya cara yaitu dengan menggali berbagai sumber data terkait. Misalnya Anda bisa membaca artikel, buku terkait, melihat video, dan sebagainya.

Membaca atau mencari referensi yang akurat ini penting sebagai pengetahuan atau wawasan teman-teman.

Wawasan ini akan membantu dalam menulis artikel, tanpa adanya wawasan yang terkait dengan artikel yang teman-teman tulis maka akan sulit menjabarkan ide ide turunan tersebut.

Demikian artikel tentang menulis artikel ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Ide Utama dan Ide Turunan Dalam Menulis Artikel"