Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Search Engine Marketing dan Search Engine Optimization

Search Engine Marketing(SEM) dan Search Engine Optimization (SEO) sering dianggap sebagai dua hal yang sama, padahal sangat jelas bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda baik terutama cara kerjanya. Meski sama-sama menggunakan mesin pencari, namun cara kerja dan penggunaannya berbeda.

PENGERTIAN SEO, PENGERTIAN SEM, DIGITAL MARKETING, DIGITAL ADVERTISING


 Lantas bagaimana sebenarnya cara kerja Search Engine Marketing dan Search Engine Optimization ini? Baik dalam kesempatan kali ini saya akan coba untuk membahas perbedaan cara kerja antara SEO dan SEM, agar teman-teman sekalian tidak salah kaprah mengenai keduanya.

Apa Itu SEM dan SEO?


Search Engine Marketing (SEM) adalah teknik pemasaran menggunakan mesin pencari. Disini pelaku marketing bisa memasarkan produk atau layanannya melalui mesin pencari, sehingga saat seseorang mengetikan kata kunci tertentu pada mesin pencari maka akan muncul halaman produk atau layanan yang ditawarkan oleh pelaku marketing tadi. Ketika di klik, maka akan mengarah ke halaman produk atau layanan yang ditawarkan. SEM ini sifatnya berbayar, yaitu membayar biaya iklan kepada perusahaan mesin pencari seperti Google.

Berbeda dengan SEO (Search Engine Optimization), pemilik website harus melakukan optimasi pada halaman websitenya agar tampil di mesin pencari dan berkompetisi di halaman pertama mesin pencari. SEO dilakukan dengan memasukan kata kunci tertentu pada halaman website agar muncul di mesin pencari dan bisa tembus ke halaman satu. SEO ini sifatnya gratis, untuk tampil di mesin pencari tidak harus membayar ke perusahaan mesin pencari.

Bagaimana cara Kerja SEM?


Untuk SEM saya akan fokus membahas mesin pencari Google. Dimana suatu usaha untuk mendapatkan pembeli atau pelanggan bisa menampilkan apa yang ditawarkan melalui mesin pencari Google. Sehingga pemilik usaha harus memiliki akun periklanan google yaitu google ads atau dulu disebut google adword.

Akun google ads atau google adword ini berfungsi untuk memilih kata kunci yang sesuai dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh suatu usaha.

Selain itu Google Ads juga berfungsi untuk mengatur dan membuat materi iklan yang akan ditayangkan dalam mesin pencari google, serta mengatur durasi atau seberapa lama iklan tayang dan juga mengatur berapa anggaran iklan dalam sehari. Kemudian juga Google ads juga berfungsi untuk pembayaran, karena jika tidak dibayar maka iklan tidak akan tayang dalam mesin pencari google.

Bagi pengiklan, harus memiliki website dimana jika seseorang mengklik iklan dari mesin pencari maka bisa diarahkan langsung ke halaman yang berisi tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Halaman ini sering disebut dengan istilah landing page.

Untuk landing page bisa berupa halaman website atau blog, alamat akun sosial media, hingga aplikasi tertentu di google play store.

Bagaimana Cara Kerja SEO?


SEO karena sifatnya gratisan, maka tidak perlu punya akun google ads atau adword untuk bayar google. Secara teknis target dari SEO mungkin sama seperti SEM yaitu agar halaman website bisa tayang dan menempati posisi teratas di mesin pencari.

Untuk melakukan SEO perlu melakukan optimasi suatu halaman website dengan teknik on-page SEO dan off-page SEO.

On-Page SEO yaitu teknik SEO dengan melakukan optimasi halaman website. Misal mencantumkan kata kunci yang ditarget dalam judul artikel, dalam artikel, hingga meta deskripsi artikel.

Sedangkan Off-Page SEO dilakukan diluar website, artinya tanpa harus login ke website. Misalnya dengan menanam backlink yang juga bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan komentar di web lain, menjadi penulis di web lain, dan sebagainya.

Demikian penjelasan singkat mengenai SEM dan SEO. Semoga dengan tulisan ini teman-teman bisa membedakan antara SEM dan SEO. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

16 komentar untuk "Perbedaan Search Engine Marketing dan Search Engine Optimization"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Most hardcover books regarding the matter of SEO are best seen as a vehicle to assist the amateur with understanding the course of site improvement. This is on the grounds that the standards behind SEO are difficult. https://www.sandeepmehta.co.in/affordable-seo-services-delhi/

    BalasHapus
  8. These dashboards enable you to post to several of your social media accounts and monitor them. this

    BalasHapus
  9. This is one awesome blog. Really looking forward to read more. Really Great.https://seobusiness24.tumblr.com/

    BalasHapus
  10. This variety in pay per customer can be ascribed to the kind of administrations gave just as the profundity of administrations. The size of business a customer is looking for SEO administrations for likewise assume a part in deciding the sum to be charged. For instance, independent companies are charged less essentially in light of the fact that their prerequisites are a lot more modest when contrasted with huge multi-area establishment organizations. Local Citations Building services

    BalasHapus
  11. In any case, the interest for nearby SEO administrations is by all accounts developing all day, every day and this is drawing in more players consequently fixing the opposition among SEO specialist organizations. topic cluster là gì

    BalasHapus
  12. The significant explanation regarding the reason why individuals get into business is to benefit and extend their financial status. In the field of SEO business, the paces of profits are promising. agencia seo

    BalasHapus
  13. Most SEO organizations utilize both moral and dishonest inbound connecting strategies.agencia seo

    BalasHapus
  14. The significant explanation concerning why individuals get into business is to benefit and extend their monetary status. In the field of SEO business, the paces of profits are promising. https://onohosting.com/

    BalasHapus
  15. They are well experienced and can satisfy the clients with the proper information and technical facts. Their healthy conversation helps the customer to take proper decision. Patients Engagement Platform System

    BalasHapus
  16. This is one awesome blog article. Much obliged.
    download instagram carousel

    BalasHapus