Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Search Engine Marketing dan Search Engine Optimization

Search Engine Marketing(SEM) dan Search Engine Optimization (SEO) sering dianggap sebagai dua hal yang sama, padahal sangat jelas bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda baik terutama cara kerjanya. Meski sama-sama menggunakan mesin pencari, namun cara kerja dan penggunaannya berbeda.

PENGERTIAN SEO, PENGERTIAN SEM, DIGITAL MARKETING, DIGITAL ADVERTISING


 Lantas bagaimana sebenarnya cara kerja Search Engine Marketing dan Search Engine Optimization ini? Baik dalam kesempatan kali ini saya akan coba untuk membahas perbedaan cara kerja antara SEO dan SEM, agar teman-teman sekalian tidak salah kaprah mengenai keduanya.

Apa Itu SEM dan SEO?


Search Engine Marketing (SEM) adalah teknik pemasaran menggunakan mesin pencari. Disini pelaku marketing bisa memasarkan produk atau layanannya melalui mesin pencari, sehingga saat seseorang mengetikan kata kunci tertentu pada mesin pencari maka akan muncul halaman produk atau layanan yang ditawarkan oleh pelaku marketing tadi. Ketika di klik, maka akan mengarah ke halaman produk atau layanan yang ditawarkan. SEM ini sifatnya berbayar, yaitu membayar biaya iklan kepada perusahaan mesin pencari seperti Google.

Berbeda dengan SEO (Search Engine Optimization), pemilik website harus melakukan optimasi pada halaman websitenya agar tampil di mesin pencari dan berkompetisi di halaman pertama mesin pencari. SEO dilakukan dengan memasukan kata kunci tertentu pada halaman website agar muncul di mesin pencari dan bisa tembus ke halaman satu. SEO ini sifatnya gratis, untuk tampil di mesin pencari tidak harus membayar ke perusahaan mesin pencari.

Bagaimana cara Kerja SEM?


Untuk SEM saya akan fokus membahas mesin pencari Google. Dimana suatu usaha untuk mendapatkan pembeli atau pelanggan bisa menampilkan apa yang ditawarkan melalui mesin pencari Google. Sehingga pemilik usaha harus memiliki akun periklanan google yaitu google ads atau dulu disebut google adword.

Akun google ads atau google adword ini berfungsi untuk memilih kata kunci yang sesuai dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh suatu usaha.

Selain itu Google Ads juga berfungsi untuk mengatur dan membuat materi iklan yang akan ditayangkan dalam mesin pencari google, serta mengatur durasi atau seberapa lama iklan tayang dan juga mengatur berapa anggaran iklan dalam sehari. Kemudian juga Google ads juga berfungsi untuk pembayaran, karena jika tidak dibayar maka iklan tidak akan tayang dalam mesin pencari google.

Bagi pengiklan, harus memiliki website dimana jika seseorang mengklik iklan dari mesin pencari maka bisa diarahkan langsung ke halaman yang berisi tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Halaman ini sering disebut dengan istilah landing page.

Untuk landing page bisa berupa halaman website atau blog, alamat akun sosial media, hingga aplikasi tertentu di google play store.

Bagaimana Cara Kerja SEO?


SEO karena sifatnya gratisan, maka tidak perlu punya akun google ads atau adword untuk bayar google. Secara teknis target dari SEO mungkin sama seperti SEM yaitu agar halaman website bisa tayang dan menempati posisi teratas di mesin pencari.

Untuk melakukan SEO perlu melakukan optimasi suatu halaman website dengan teknik on-page SEO dan off-page SEO.

On-Page SEO yaitu teknik SEO dengan melakukan optimasi halaman website. Misal mencantumkan kata kunci yang ditarget dalam judul artikel, dalam artikel, hingga meta deskripsi artikel.

Sedangkan Off-Page SEO dilakukan diluar website, artinya tanpa harus login ke website. Misalnya dengan menanam backlink yang juga bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan komentar di web lain, menjadi penulis di web lain, dan sebagainya.

Demikian penjelasan singkat mengenai SEM dan SEO. Semoga dengan tulisan ini teman-teman bisa membedakan antara SEM dan SEO. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Post a Comment for "Perbedaan Search Engine Marketing dan Search Engine Optimization"