Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Mengubah Setting Negara Channel Youtube

Content creator youtube atau youtuber pasti tahu dong tentang setting negara pada channel youtube. Jadi jika kita punya channel youtube, disitu ada opsi tentang dimana negara kita berada.

youtube, youtube partner, content creator, video, youtuber, vlog,

Biasanya opsi ini digunakan untuk melakukan setting negara yang ditarget. Jika kita membuat konten berbahasa Inggris maka bisa saja mengubah negara channel kita, misalnya menjadi amerika serikat, inggris, India, dan negara-negara lain yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-harinya.

Saya punya pengalaman saat 2016 channel saya dengan konten bahasa Inggris, kemudian target negaranya Amerika serikat. Maka channel ini berkembang pesat baik secara penayangan, hingga revenue yang saya dapatkan. Karena harga iklan google adsense di Amerika Serikat jauh lebih mahal dari Indonesia.

Namun untuk 2019 atau 2020, jangan coba-coba untuk mengubah setting negara ya teman-teman. Kali ini saya bercerita pengalaman pahit mengubah negara, yaitu terjadi penurunan drastis secara penayangan, revenue, durasi, subcriber, dan sebagainya turun dratis.

Memang channel saya ini kontennya bahasa Inggris, namun negara awalnya Indonesia. Tujuan saya mengubah negara channel saya tersebut, untuk meningkatkan penayangan. Dengan konten berbahasa Inggris dan ditonton oleh orang luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris juga.

Bukan penambahan penayangan (views) yang saya dapatkan, justru penurunan drastis dalam waktu kurang dari 24 jam. Dan untuk memulihkan lagi saya butuh waktu sekitar dua hingga tiga bulan. Ini bukan waktu yang singkat, karena selama dua hingga tiga bulan ini income juga terjun bebas.

Bagaimana cara memulihkan channel yang turun ini?


Seperti yang dikatakan oleh banyak orang, kunci yang mendasar dalam melakukan usaha apapun yaitu kesabaran.

Jadi selama proses penurunan tersebut harus sabar dalam membuat konten dan tetap konsisten untuk membangun channel yang terjun bebas ini.

Biasanya youtube akan memberikan notice bahwa performa channel kita terjun payung. Dalam notice ini teman-teman jakan diberikan formulir untuk melaporkan tentang apa yang terjadi dengan channel yang kita miliki.

Hal ini akan membantu memberikan masukan pada youtube, bahwa fitur negara negara yang ada di youtube bisa menurunkan performa channel dan seluruh video yang ada di dalamnya.

Demikian artikel tentang dampak mengubah negara pada channel youtube. Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. Terima kasih telah membaca!

Post a Comment for "Dampak Mengubah Setting Negara Channel Youtube"