Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Energi Alternatif Yang Ramah Lingkungan

Hadirnya energi alternatif bisa memberikan berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari mulai harga yang lebih murah hingga meminimalisir kerusakan lingkungan.

energi, energi alternatif, kincir angin, tenaga uap, tenaga listrik, tenaga surya,

Energi selama ini sering berdampak negatif pada pencemaran lingkungan, padahal banyak energi alternatif yang bisa dimanfaatkan. Selain energi yang dihasilkan sama, juga ramah lingkungan. Baca artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui apa saja energi alternatif yang ramah lingkungan.

Energi angin


Salah satu sumber energi alternatif tersebut adalah tenaga angin. Teknologi turbin tenaga angin yang berbentuk kincir angin saat ini terus dikembangkan yang akan menjadi alternatif energi yang lebih efisien dan murah. Ladang kincir angin telah bermunculan di banyak negara, dan bahkan memiliki nilai strategis dari waktu ke waktu. Selain itu energi yang dihasilkan dari turbin kincir angin tidak memberikan polusi atau dampak negatif terhadap lingkungan.

Energi matahari atau tenaga surya


Salah satu sumber energi alternatif lainnya yang paling terkenal adalah tenaga surya atau energi matahari. Energi surya menggunakan sel surya yang mengumpulkan dan memfokuskan energi yang dipancarkan secara langsung oleh matahari. Energi surya atau matahari ini yang dikumpulkan kemudian diubah menjadi listrik yang bisa digunakan untuk keperluan manusia. Sama seperti dengan energi angin, energi surya juga bebas polusi.

Gelombang laut


Energi gelombang laut menjadi peluang besar untuk mengembangkan energi alternatif,  karena memiliki potensi tenaga menghasilkan yang sangat besar. Di Prancis generator gelombang laut telah beroperasi selama bertahun-tahun dan dianggap sukses besar.

Tenaga air


PLTA (pembangkit listrik tenaga air) telah banyak digunakan hampir diseluruh dunia hingga saat ini. Pembangkit listrik tenaga air adalah penghasil energi listrik yang sangat besar besar dan ramah lingkungan. Namun untuk membuat pembangkit listrik tenaga air ini membutuhkan aliran air yang besar untuk dijadikan bendungan (dam). Dari aliran air yang sangat besar akan memungkinkan menghasilkan energi listrik yang besar juga.

Panas bumi


Energi panas bumi sangat berlimpah, karena panas bumi terletak tepat di bawah kaki kita, hanya berjarak beberapa mil di bawah permukaan bumi. Energi ini dihasilkan dari pemanasan air melalui panas bumi. Air berubah menjadi uap, yang kemudian dapat dipasang dan digunakan untuk menggerakan mesin turbin yang nantinya akan menghasilkan energi listrik.

Limbah gas


Energi dari limbah gas seperti metana yang dihasilkan dari polusi atau pencemaran udara. Gas metana ini bisa digunakan dalam sel bahan bakar.

Etanol


Etanol adalah salah satu energi alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti bensin. Etanol ini bisadiciptakan dari tanaman seperti gandum, tebu, anggur, stroberi, jagung, dan bahkan kayu. Ada kontroversi atas bahan bakar ini,  yaitu berhubungan dengan bahan bakunya yang mahal tetapi teknologi untuk mengatasi masalah ini terus disempurnakan.

Biodiesel


Energi biodiesel dibuat dari minyak yang terkandung dalam tanaman. Sejauh ini, toko-toko yang menjual biodiesel telah membuat biodisel dengan menggunakan bahan kedelai, rape seed (minyak lobak) dan minyak bunga matahari. Pada saat ini, biodiesel biasanya dihasilkan dan dijadikan wirausaha baik individu atau kelompok yang ingin bereksperimen dengan energi alternatif.

Posting Komentar untuk "8 Energi Alternatif Yang Ramah Lingkungan"