Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memasak Santan Agar Tidak Pecah

Cara memasak santan agar tidak pecah ini bisa membantu Anda ketika membuat masakan yang menggunakan bahan santan.

agar santan tidak pecah, cara memasak santan, resep makanan, kuliner

Perlu diketahui bahwa masakan santan bisa pecah yang mempengaruhi rasa masakan. Hal ini karena santan yang pecah akan membuat masakan tidak tercampur antara bumbu dan santannya. Bagaimana cara agar santan tidak pecah? Lanjutkan membaca artikel ini hingga tuntas ya.

Mengaduk santan tanpa henti


Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan merebus dan mengaduk santan terus menerus. Ketika santan telah mengental, tinggal Anda campurkan ke dalam masakan, namun harus tetap terus diaduk. Pengadukan ini menghindari agar santan tidak menggumpal atau pecah.

Menggunakan api kecil


Langkah kedua yaitu Anda perlu mengatur nyala api agar tidak terlalu besar. Dengan api yang kecil akan membuat santan tidak pecah atau menggumpal, sehingga secara bentuk dan juga rasa tetap Anda berselera.

Prioritaskan memasukan santan yang encer dahulu


Ada cara khusus ketika Anda memasak dengan menggunakan santan dengan jenis yang berbeda. Yang harus Anda perhatikan yaitu dengan memasukan santan yang lebih encer dahulu, baru beberapa saat (setelah mendidih) kemudian memasukan santan yang lebih kental.

Menggunakan tepung beras


Selain cara diatas, tepung beras juga bisa digunakan untuk membuat santan tidak menggumpal atau pecah. Caranya dengan mencampur sedikit tepung beras dengan santan, kemudian diadus hingga merata. Setelah merata, Anda bisa memasukan santan kedalam masakan.

Santan instan


Cara terakhir yaitu dengan menggunakan santan instan. Santan instan biasanya lebih praktis ketika digunakan. Santan instan tidak rentan menggumpal atau pecah, sehingga hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam memasak makanan bersantan.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Memasak Santan Agar Tidak Pecah"