Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menentukan Niche Blog Menurut Marcomm Google Adsense

"Konten blog yang bagus bukan yang mendatangkan pengunjung baru untuk blog, namun juga mampu membuat pengunjung untuk datang kembali", begitu ungkapan dari Ezgi Cetinkaya seorang marketing specialist Google Adsense.

blog, digital marketing, adsense, niche website, niche blog,

Ezgi menuliskan artikel di google blog, bahwa strategi konten adalah kunci untuk membuat pengunjung website atau blog datang kembali. Dua strategi yang diungkapkannya yaitu menarget yang banyak dicari orang, kemudian yang kedua yaitu sedikit orang yang menyediakan informasi atau konten tersebut.

Disini akan saya jabarkan lebih detail tentang konten yang banyak dicari orang dan dengan jumlah persaingan yang kecil.

Banyak yang cari


Konten yang banyak dicari orang memiliki peluang yang besar untuk mendatangkan pengunjung website atau blog. Sehingga tugas sebagai seorang konten writer yaitu menyediakan informasi yang sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna mesin pencari google.

Jangan sampai ketika mengetahui apa yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari google, teman-teman lantas tidak menyediakan konten yang berkualitas namun hanya mengakali google dengan memasukan kata kunci yang banyak dicari orang.

Apakah dengan menggunakan trik ini tidak bisa mendatangkan pengunjung ke website atau blog? Jawabannya yaitu bisa. Namun google juga tidak sebodoh itu, karena jika pengunjung membaca sekilas konten yang tidak kualitas maka mereka akan segera menutup halaman yang mereka klik.

Ini akan membuat performa konten tersebut turun, dan mungkin tidak akan naik lagi karena konten yang tidak relevan.

Yang banyak dicari orang di mesin pencari, bisa jadi banyak juga yang menyediakan konten yang kualitas. Jika teman-teman mengakali mesin pencari google hanya dengan memasukan kata kunci yang populer tanpa membuat konten yang jauh berkualitas dari konten yang sudah ada, maka kemungkinan akan kalah dengan konten yang bagus.

Penyedia kontennya sedikit


Selain menyediakan konten kualitas yang banyak dicari orang, harus diperhatikan seberapa banyak konten sejenis di internet dan bagaimana kekuatan mereka.

Jika kita satu-satunya penyedia konten yang banyak dicari orang tersebut, maka website atau blog kita akan mendapatkan banyak pengunjung. Meskipun konten kita tidak memiliki kualitas yang cukup.

Ibarat kita sendiri yang jualan air minum di gurun pasir, maka bisa dipastikan air yang kita jual akan laku banyak. Namun jika banyak yang menjual air seperti kita, maka bisa jadi pembeli akan dibagi dengan mereka.

Untuk menentukan jumlah konten yang sejenis dalam mesin pencari google cukup mudah. Misalnya kita mengetikan kata kunci di mesin pencari google, maka pasti akan muncul berapa konten yang sesuai dengan kata kunci yang kita ketikan.

Semakin banyak jumlah konten yang sejenis, maka bisa jadi persaingan semakin banyak untuk berebut di halaman terdepan google.

Menurut Ezgi Cetinkaya, banyak tools gratisan yang disediakan google untuk melakukan analisa menentukan niche website atau blog ini. Diantaranya google trends, Google Question Hub, Market Finder, dan juga News Consumer Insights .

Nah demikian penjelasan tentang menentukan niche website atau blog yang saya kutip dari tulisan marcomm-nya Google adsense. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas.

1 comment for "Menentukan Niche Blog Menurut Marcomm Google Adsense"

  1. When your website or blog goes live for the first time, it is exciting. That is until you realize no one but you and your. michealherry

    ReplyDelete