Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambaran Pentingnya Branding Untuk Produk

Branding, secara sederhana bisa dikatakan sebagai proses agar konsumen mengetahui atau mengenal suatu produk. Branding dilakukan dengan menggunakan alat yang menunjukan identitas produk seperti penggunaan slogan, logo, dan sebagainya.

branding, pentingnya branding, pengertian branding, brand, merk

Sebenarnya yang menjadi pertanyaan banyak orang, mengapa branding itu penting? Bukannya target bisnis adalah produk laku dalam jumlah banyak?

Menurut pengetahuan yang saya miliki memang bisnis butuh penjualan yang tinggi. Tidak hanya itu, yang penting juga penjualan ini tidak terjadi dalam waktu tertentu misalnya saat bulan-bulan pertama bisnis dimulai.

Saat ini banyak bisnis karena faktor viral di internet, maka penjualan tinggi saat viral saja. Kemudian setelah viral, maka penjualan turun drastis. Karena viral di internet merupakan promosi gratisan, yang terjadi satu atau dua hari. Setelah itu efek viral hilang dan digantikan dengan viral-viral yang selainnya.

Disini ada salah satu fungsi dari branding. Dimana membuat orang yang pernah membeli untuk datang membeli lagi, tanpa harus ada efek viral dan sejenisnya. Mereka membeli lagi karena mendapatkan kesan positif dari produk yang dibeli.

Untuk membuat konsumen berkesan dan terus mengingat produk, maka perlu serangkaian proses. Proses paling sederhana yaitu membuat nama untuk produk yang dijual, misalnya kuliner kaki lima "roti bakar maknyus".

Orang terkesan dengan roti bakar maknyus entah itu beli karena tidak sengaja atau faktor lain. Biasanya mereka akan merekomendasikan enaknya roti bakar maknyus ke orang lain. Bercerita tentang roti bakar maknyus, yang akhirnya orang lain akan terpengaruh ingin membeli roti bakar maknyus.

Dengan adanya perkembangan teknologi, orang yang terpengaruh tersebut akan mengetik "roti bakar maknyus" di mesin pencari. Kok ternyata tidak ada di google atau di google map?

Nah ini juga proses branding juga, dimana pemilik usaha roti bakar maknyus harus menampilkan bisnisnya di internet. Paling tidak ada di google map dengan menggunakan google my business.

Sehingga orang mengetik roti bakar maknyus di search engine, maka akan otomatis muncul informasi roti bakar maknyus. Biasanya akan sekalian muncul lokasi roti bakar maknyus di Google map. Sehingga orang yang mencari bisa langsung diarahkan ke lokasi penjual roti bakar maknyus.

Ketika orang datang ke lokasi, kemudian tidak ada simbol atau apapun yang menunjukan outlet roti bakar maknyus. Maka orang tersebut akan ragu dan bingung, karena sudah mengikuti petunjuk Google map ternyata sampai lokasi tidak ada simbol atau apapun yang menunjukan roti bakar maknyus.

Sehingga perlu membuat identitas atau apapun yang menunjukan roti bakar maknyus di outlet. Sehingga orang datang, langsung mengetahui bahwa lokasi tersebut adalah outlet roti bakar maknyus yang di rekomendasikan temannya.

Jadi ini adalah sekilas tentang gambaran sederhana tentang pentingnya branding. Dimana produk yang kualitas tanpa branding maka akan sulit untuk dikenal karena rasa, manfaat, dan sebagainya teralu luas untuk diingat. Sehingga perlu adanya bahasa, simbol, atau identitas sederhana yang bisa mewakili produk tersebut.

Demikian penjelasan singkat tentang pentingnya branding, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Jika ada pertanyaan bisa disampaikan di kolom komentar ya. 

3 comments for "Gambaran Pentingnya Branding Untuk Produk"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Branding your business is a difficult process. With an agency such as this one to help you out with brainstorming a brand name, then it makes sense to consult with them!

    ReplyDelete