Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting Mode Gelap Pada Instagram

Mode gelap atau dark mode saat ini juga hadir dalam aplikasi sosial media Instargam. Aplikasi yang memiliki satu milyar pengguna ini memperhatikan sisi kesehatan mata para penggunanya, yaitu dengan membuat fitur mode gelap.

Mengapa mode gelap itu penting? Alasan sederhana sebagai pengguna instagram yang awam seperti saya, karena mata saya tidak cepat lelah ketika melihat instagram dengan mode gelap. Hal ini bisa jadi karena cahaya pada mode gelap tidak terang seperti mode terang.

Hal ini akan mengurangi radiasi ke mata dan juga tidak membuat mata cepat lelah meski melihat konten-konten instagram dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, teman-teman yang menggunakan instagram bisa mencoba untuk mengubah tampilan instagram menjadi mode gelap.

Langkah awal yang perlu teman-teman lakukan yaitu update dulu aplikasi instagram yang ada di smartphone teman-teman. Karena jika tidak di update, khawatirnya opsi mode gelap tidak muncul di aplikasi instagram.

Setelah update aplikasi instagram, teman-teman bisa mengikuti langkah teknis berikut ini.

Login ke Instagram


Abaikan tahapan ini jika teman-teman sudah login ke akun instagram masing-masing. Namun jika belum, teman-teman login dulu ya. Kalau tidak login, maka tidak bisa melihat isi dari instagram termasuk fitur baru mode gelapnya.

 Buka Halaman Profile




Setelah login, teman-teman buka halaman profil akun instagram masing-masing. Jangan buka halaman profil instagram orang lain apalagi profilnya mantan, karena disitu tidak akan muncul menu setting untuk mengubah ke mode gelap.

Buka Menu Setting



Setalah buka halaman profil masing-masing, maka buka menu setting instagram.

Caranya mudah, teman-teman tekan simbol garis tiga di kanan atas halaman profil. Nanti akan muncul banyak menu instagram. Kemudian di bagian bawah sendiri ada tulisan "settings" dengan simbol roda gerigi yang bulat, nah simbol roda tersebut teman-teman tekan juga ya.

Pilih Theme > Dark


Setalah itu akan muncul sub-menu setting, salah satunya adalah fitur theme. Teman-teman tekan theme, lalu akan muncul pilihan light dan dark.

Untuk mengaktifkan mode gelap, maka teman-teman pilih dark. Maka secara otomatis tampilan instagram berubah menjadi gelap atau hitam.


Demikian tutorial mengubah tampilan aplikasi instagram menjadi mode gelap atau dark mode. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Selamat mencoba!

2 comments for "Cara Setting Mode Gelap Pada Instagram"

  1. Terimakasih informasinya, dark mode membuat pandangan mata lebih enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga telah berkunjung ke blog saya

      Delete