Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Masak Ikan Asin Agar Tidak Asin Berlebihan

Cara memasak ikan asin berikut wajib Anda coba jika memang Anda ingin merasakan lezatnya ikan asin, tanpa harus merasakan sensasi asin yang berlebihan. Memang ikan asin menjadi favorit banyak orang, tapi jika rasa asinnya berlebihan juga tidak enak dikonsumsi. 

ikan asin, cara memasak ikan asin, resep makanan, makanan, masakan, kuliner,

Ikan asin hingga saat ini menjadi salah satu bagian makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Harganya yang cukup terjangkau dengan cita rasa yang relatif nikmat dan mampu disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini yang menjadikan ikan asin sebagai salah satu bahan pangan yang seolah tidak boleh dilewatkan begitu saja. Berikut tips memasak ikan asin agar tidak memiliki rasa asin yang berlebihan.

Gunakan garam beryodium untuk merendam ikan asin


Tidak sedikit orang yang berpikir jika merendam ikan asin ke pada air garam akan menghasilkan rasa ikan asin yang berlebihan. Namun jangan keliru, merendam ikan asin pada dalam air garam dengan yodium justru akan membuat rasa asin pada ikan berkurang. 

Caranya sederhana, yaitu rendam ikan asin di dalam air garam sekitar 1/3 jam atau 20 menit. Kemudian cuci hingga bersih pada air mengalir sampai benar-benar bersih.

Gunakan kertas roti atau kertas buram


Selanjutnya yaitu dengan merendam ikan asin dengan menggunakan kertas roti ataupun kertas buram. Rendam sekitar setengah jam lalu cuci bersih. 

Usahakan hanya menggunakan jenis kertas roti atau kertas buram yang bersih, dan jangan memakai kertas koran yang sudah ada serbuk atau tintanya. Tinta atau serbuk tulisan pada kertas sangat berdampak tidak baik pada kesehatan.

Panaskan ikan asin menggunakan air tawar


Dengan merebus ikan asin menggunakan air  tawar, tidak hanya mengurangi  cita rasa asinnya. Tetapi, hal ini bisa menjadikan tekstur ikan asin jadi makin empuk. 

Jika khawatir dengan merebus ikan asin akan membuatnya hancur, maka Anda bisa mencoba merendam ikan asin menggunakan air hangat selama setengah jam.

Mengolah ikan asin dengan rempah atau bumbu dapur


Anda harus memastikan penggunaan bumbu dapur yang masih segar ketika memasak ikan asin. Bumbu atau rempah yang masih segar akan menjadikan rasa nikmat di setiap masakan termasuk pada ikan asin. 

Anda juga harus menghindari memakai bumbu yang siap pakai atau bumbu serbuk, karena hal ini mampu menjadikan rasa ikan asin kurang menarik. Hindari pula memasak ikan asin dengan menambahkan sejumlah garam ke pada bumbu. Tanpa tambahan garam pun, masakan ikan asin telah berasa asin.

Nah, itulah beberapa tips agar rasa ikan asin tidak terasa asin berlebihan. Semoga tips ini berguna untuk Anda. 

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Masak Ikan Asin Agar Tidak Asin Berlebihan"