Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Arti Perencanaan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Perencanaan atau rencana mungkin tidak semua orang memahami pengertiannya, namun bisa jadi mereka telah melakukan atau membuat perencanaan. Dalam kesempatan ini saya menuliskan pengertiaan perencanaan dan mengapa rencana itu penting.

RENCANA, PERENCANAAN

Perencanaan berasal dari kata dasar rencana, yang secara umum banyak dipahami sebagai sesuatu yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

Jika berdasarkan pengertian ini, seakan rencana berupa kegiatan atau aktifitas yang akan dilakukan. Padahal umumnya dalam sebuah perencanaan tidak hanya berupa kegiatan atau aktifitas saja.

Untuk lebih mudah memahami makna perencanaan, coba kita pahami dalam kehidupan sehari-hari yang lebih sederhana. Misalnya saja dalam saat kerja di kantor, sekolah, lagi kuliah di kampus, saat kita lapar maka kita ada kebutuhan untuk makan.

Nah untuk memenuhi kebutuhan makan tersebut, banyak faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari jenis makanannya apa, masak atau beli, uang untuk masak atau beli makan, menentukan lokasi penjual makanan atau bahan makanan. Kemudian siapa yang akan beli bahan makanan atau makanan tersebut, mau beli sendiri atau pakai ojek online. Dan masih banyak lagi jika didetailkan lebih dalam.

Menurut saya serangkaian faktor yang saya sebutkan diatas merupakan rencana dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan makan atau agar perut kenyang.

Mari kita pahami dengan bahasa yang lebih sederhana. Bahwa rencana dibuat dengan maksud atau tujuan tertentu, kalau dalam contoh diatas tujuannya adalah agar perut kenyang.

Kemudian agar maksud atau tujuan tercapai perlu serangkaian faktor yang perlu disiapkan seperti apa saja yang perlu dilakukan. Jika dalam contoh misalnya perlu melakukan masak atau beli makanan.

Selain untuk mencapai tujuan juga perlu banyak hal yang mendukung seperti peralatan, pendanaan, dan juga bantuan orang lain.

Jika dalam contoh untuk makan perlu uang baik untuk beli makanan atau bahan makanan untuk dimasak. Bantuan orang misalnya untuk beli makanan jika menggunakan jasa ojek online, maka perlu bantuan orang lain kecuali bisa dilakukan sendiri.

Secara sederhana perencanaan memenuhi dua hal yaitu tujuan dan apa saja yang akan disiapkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Demikian tulisan saya tentang perencanaan. Saya coba menuangkan dalam bahasa yang lebih sederhana, agar tidak teoritis seperti masa kuliah agar bisa dipahami banyak orang.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Dan jika ada pertanyaan silakan disampaikan di kolom komentar dibawah ini. Jika teman-teman pembaca punya gagasan lain tentang perencanaan dalam bahasa yang lebih sederhana, bisa disampaikan juga dalam kolom komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Memahami Arti Perencanaan Dalam Kehidupan Sehari-hari"