Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Ikan Gabus Untuk Penyembuhan Luka

Ikan gabus atau ikan kutuk adalah ikan yang biasanya hidup di sungai.  Secara bentuk sepintas memang seperti ikan lele, namun ikan gabus akan sulit dijumpai dijual di pasar. Ini karena memang ikan gabus jarang ada yang membudidayakan.

kesehatan, ikan gabus, manfaat ikan gabus, protein albumin

Banyak yang mengatakan bahwa makan ikan gabus bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Bahkan beberapa tenaga medis juga menganjurkan untuk konsumsi ikan gabus untuk membantu mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. 

Sebenarnya, apa hubungan ikan gabus dengan penyembuhan luka ini? Sebenarnya apa kandungan ikan gabus, sehingga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka.

Menurut beberapa sumber menyatakan bahwa ikan gabus memiliki kandungan protein albumin. Perlu diketahui bahwa protein albumin ini adalah zat yang dapat membantu percepatan dalam penyembuhan jaringan sel yang terbelah atau terluka. 

Selain itu protein albumin juga membantu dalam memperbaiki atau membangun jaringan sel yang mati. Dalam beberapa kasus luka misalnya luka operasi, luka gores, dan sebagainya bisa dibantu dengan asupan protein albumin ini. 

Untuk mendapatkan protein albumin, salah satunya dengan mengkonsumsi ikan gabus. Selain ikan gabus, ikan lele sebenarnya juga mengandung protein albumin. Namun secara jumlah jauh lebih tinggi protein albumin pada ikan gabus. 

Secara tradisional, konsumsi ikan gabus atau ikan kutuk dikonsumsi biasa sebagai lauk. Namun cara memasaknya tidak dianjurkan dengan menggoreng, tapi dengan direbus atau di kukus.

Bahkan dengan perkembangan teknologi kesehatan, banyak kapsul ikan gabus yang dijual di apotek. Sehingga bisa lebih praktis dari pada harus mencari ikan gabus dan memasaknya terlebih dahulu. 

Posting Komentar untuk "Manfaat Ikan Gabus Untuk Penyembuhan Luka"