Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Fungsi Google Analytic Untuk Blog dan Website

Google analytic adalah software gratis yang disediakan oleh google untuk melacak seluruh aktifitas suatu blog atau website. Dalam perkembangannya, google analytic tidak hanya untuk melacak website atau blog namun juga dapat digunakan untuk melacak akifitas aplikasi atau game di Google Playstore serta channel youtube.

google analytic, artikel, internet marketing, blog, Blogging,


Namun secara detail ada banyak yang bisa dilakukan dengan google analytic, berikut 6 fungsi google analytic yang akan saya jabarkan dibawah ini.

Mengetahui jumlah visitor secara realtime


Google analytic sebagai program web tracking bisa membantu kita sebagai pemiliki web atau blog untuk mengetahui seberapa banyak jumlah visitor web atau bog kita.

Kita bisa mengetahui jumlah visitor ini sejak kita memasang google analytic di website atau blog, hingga saat ini.
Namun google analytic biasanya memberikan opsi untuk mengetahui jumlah visitor dalam jangka waktu tertentu. Misalnya seminggu terakhir, 30 hari terakhir, hingga 3 bulan terakhir.


Selain itu, dengan google analytic teman-teman bisa mengetahui berapa pengunjung yang saat ini sedang online di website atau blog kita. Dengan ini kita bisa mengetahui secara realtime performa blog atau web, kemudian di jam berapa pengunjung paling banyak menggunakan blog atau web yang kita miliki.

Mengetahui geo-lokasi visitor


Tidak hanya jumlah pengunjung blog atau website saja yang bisa diketahui dengan google analytic. Kita juga bisa mendapatkan data dari mana saja pengunjung blog atau website kita berasal.

Mengetahui demografis visitor


Selain secara geografis, dengan google analytic kita juga bisa mengetahui banyak hal tentang pengunjung website atau blog kita. Misalnya usia yang paling banyak menggunakan blog atau website kita. Kemudian juga jenis kelamin, teknologi yang digunakan dan sebagainya.

Data baik demografis atau geografis ini akan sangat berguna untuk mengembangkan konten-konten blog atau website. Selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat strategi pemasaran suatu produk atau layanan. 

Mengetahui pola visitor di website / blog


Pola visitor yang saya maksud bukan tentang bagaimana demografis mereka seperti yang saya sebutkan diatas. Namun pola disini adalah bagaimana visitor menggunakan blog atau website kita.

Misalnya kita bisa mengetahui bagaimana mereka datang ke website kita, dari mesin pencari, dari artikel mana mereka masuk, apakah baca satu artikel kemudian langsung pergi, atau mambaca artikel yang selainnya.

Nah, ini penting untuk diperhatikan karena dengan insight seperti ini kita sebagai pemilik blog atau website bisa melakukan optimasi bagaimana agar visitor bisa betah dan berlama-lama menggunakan blog atau website kita.

Mengetahui sumber visitor


Visitor masuk ke blog atau website kita bisa melalui banyak jalan. Misalnya dari link di social media, dari mesin pencari, hingga dari promosi yang dilakukan secara offline sekalipun yang nanti sumbernya akan disebut dengan direct.

Nah dengan google analytic bisa memberikan informasi misalnya jika visitor datang dari mesin pencari, maka akan bisa diketahui kata kunci apa yang mereka gunakan. Selain itu artikel apa yang mereka klik melalui kata kunci tersebut.

Mengetahui pendapatan / penjualan yang didapatkan


Yang terakhir yaitu dengan google analytic bisa mengetahui pencapaian pendapatan kita baik itu blog, website, atau toko online.

Pendapatan dalam hal ini bisa dalam bentuk iklan yang di klik. Kemudian jika toko online, maka penjualan dan omset bisa di ketahui juga dengan google analytic.

Masih banyak lagi fitur atau manfaat yang bisa didapatkan dari google analytic. Jika teman-teman ingin mengetahui lebih dalam, lebih baik langsung menggunakan google analytic dan mengekspolre seluruh fitur yang disediakan.

Demikian informasi yang saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Jika ada pertanyaan bisa disampaikan di kolom komentar. 

Post a Comment for "6 Fungsi Google Analytic Untuk Blog dan Website"