Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca Blog

Meningkatkan jumlah pembaca blog memang menjadi tugas penting bagi seorang blogger, atau pengelolah website. Dimana semakin banyak pembaca blog, maka semakin tinggi pula peluang untuk dijadikan lahan bisnis.

blog, blogging,meningkatkan pembaca blog, online reader, SEO, Search engine optimization

Ada banyak cara yang umum digunakan untuk meningkatkan pembaca blog, empat diantaranya akan saya ulas dalam artikel ini.

Membuat banyak halaman di blog


Dalam suatu blog yang sukses biasanya tidak hanya menyediakan satu artikel saja. Namun menyediakan sangat banyak artikel untuk dibaca seseorang. Baik itu blog yang membahas fokus pada topik tertentu, atau blog general yang membahas berbagai tema.

Misalnya orang berkunjung ke blog yang kita miliki, karena blog berisi satu konten penting maka setelah membaca orang tersebut akan menutup blog kita.

Beda cerita jika orang tersebut menemukan artikel lain yang dianggap masih relevan dengan apa yang dia baca, dan dianggap penting. Maka orang tersebut akan tetap berada di blog kita karena membaca artikel yang selainnya.

Saat ini plaform blog baik blogger atau wordpress telah memberikan fitur yang mendukung untuk menampilkan artikel terkait dengan artikel yang dibaca oleh pengunjung blog. Jadi sebagai pemilik atau pengelolah blog, tugas kita harus mempebanyak artikel saja.

Sehingga pengunjung blog tidak buru-buru menutup blog kita, namun justru membaca artikel lain yang menurut mereka menarik.

Membuat cerita bersambung


Jika teman-teman mengetahui web series, sinetron, dan sebagainya. Itu termasuk cerita bersambung, jika menarik pasti akan ditunggu-tunggu oleh penggemarnya.

Demikian juga dengan blog, yang bisa diisi dengan cerita bersambung. Terserah teman-teman sebagai penulis blog, mau menulis tentang mistis seperti yang sedang hits saat ini. Hingga cerita bersambung dengan tema romantis.

Selain cerita-cerita bersambung yang bersifat fiktif atau jenis lainnya. Banyak juga yang membuat tulisan blog bersambung.

Tulisan blog bersambung ini seperti materi kuliah, seperti ada kurikulumnya yang akan membahas mulai A hingga Z. Kemudian mereka akan menerbitkan materi di blog tersebut pada hari tertentu setiap minggunya.

Biasanya tulisan blog bersambung ini disediakan oleh seorang ahli (expert) pada bidang tertentu. Mereka membagikan ilmunya secara gratis melalui blognya.

Karena pada dasarnya orang tersebut seorang expert (ahli) yang bisa jadi sudah terkenal, mungkin tidak perlu susah payah untuk melakukan promosi karena banyak orang yang butuh belajar pada orang tersebut. Cukup dengan memberikan informasi bahwa akan membagikan ilmunya di blog yang update seminggu sekali, mungkin secara otomatis akan banyak yang mengunjungi blog tersebut dan menunggu update artikel terbarunya.

Jika teman-teman ingin membuat cerita bersambung, teman-teman bisa mempromosikannya di social media atau saluran lain yang sesuai. Jika ingin membagikan materi tertentu yang bersifat bersambung juga, usahakan jadi ahli dan memiliki banyak pengikut dulu di dunia nyata. 

Share di social media dengan judul klikbait


Judul klik bait boleh ga sih? Kalau menurut saya boleh saja dilakukan. Asal antara judul dan kontenya relevan (sesuai). Jangan sampai membuat judul yang "menggelitik", ketika isinya dibaca ternyata "ga nyambung" sama sekali.


Diluar tentang etika orang yang membuat judul klik bait dengan konten yang tidak relevan. Tidak bisa dipungkiri bahwa judul klikbait ini mampu menggiring atau meningkatkan jumlah pembaca.

Faktanya kita sendiri kadang terjebak untuk mengeklik suatu konten yang disebar di sosial media. Salah satu alasannya judulnya yang menggugah selera untuk dibaca, meski kadang izinya tidak memuaskan atau tidak sesuai dengan judul.

Membuat konten yang kualitas


Seperti yang saya bahas pada poin klikbait diatas, bahwa judul klik bait bisa saja digunakan. Asal kontennya sesuai dengan judul tersebut.

Karena konten ini adalah kekuatan dalam suatu blog. Jika kontennya buruk, maka orang tidak akan mau lagi untuk mengeklik, meski judulnya dibuat klik bait level kutub selatan.

Namun jika konten sesuai dengan judul dan memiliki kekuatan informasi yang berguna, maka orang akan terus membaca meski judulnya lebay.

Demikian penjelasan singkat tentang cara meningkatkan pembaca blog. Jika teman-teman memiliki pertanyaan atau mau menambahkan, silakan disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membaca artikel ini hingga tuntas. 

Post a Comment for "4 Cara Meningkatkan Jumlah Pembaca Blog"