Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Fungsi Kode Booking JNE Dari Tokopedia

Kode Booking JNE wajib di cantumkan dalam pengiriman barang yang dijual oleh seller tokopedia. Ini berdasarkan dari pengalaman saya dalam melakukan pengiriman barang yang saya jual di tokopedia.

artikel, tokopedia, JNE, pengiriman, ekspedisi, bisnis online, kode booking JNE


Jadi menurut saya kode booking JNE yang digunakan dalam tokopedia itu semacam sistem yang terintegerasi. Jadi kode booking JNE ini berisi data alamat tujuan pengiriman dan data pengirim barang. Dimana data ini akan otomatis masuk ke sistem tokopedia, jika barang sudah dikirim ke JNE.

Seller tidak perlu mengetik / menulis ulang


Seller tokopedia tidak perlu mengetik ulang data pengiriman barang jika tidak ada waktu. Karena dengan booking kode, ketika di scan oleh pihak JNE maka datanya akan tercetak dalam bentuk stiker dan akan ditempelkan di barang yang akan dikirim.

Data yang tercetak dalam stiker JNE sama persis seperti data yang ada dalam tokopedia. Namun alangkah baiknya jika barang yang dikirim juga diberikan data yang tercantum dalam sistem tokopedia atau slip alamat pengiriman yang ada di tokopedia.

Seller tidak perlu input resi


Seller tokopedia tidak perlu repot lagi untuk melakukan input resi JNE. Karena ketika kode booking sudah masuk JNE, maka otomatis resi akan masuk ke sistem tokopedia.

Memudahkan JNE untuk input data


Dengan kode booking JNE ini, akhirnya mempersingkat waktu petugas JNE dalam melakukan input data. Karena dengan scan barcode atau input kode booking, maka semua data pengiriman akan otomatis masuk sistem JNE.

Cara ini lebih cepat tanpa harus mengetik manual, sehingga seller tokopedia yang mengirimkan barang ke JNE tanpa perlu antri panjang yang diakibatkan dari input data pengiriman secara manual.

Menghindari Kesalahan Data


Kesalahan ketik atau input data pengiriman merupakan hal yang wajar. Apalagi jumlah data pengiriman yang diinput sangat banyak, maka potensi salah ketik juga besar.

Namun dengan kode booking JNE yang ada di tokopedia bisa meminimalisir salah ketik. Misalnya alamat pengiriman barang akan sesuai dengan apa yang diisikan oleh pembeli di tokopedia. Jika ada salah memasukan alamat pengiriman, maka itu merupakan kesalahan pembeli dalam memasukan alamat pengiriman barangnya.

Nah, demikian sekilas informasi tentang kode booking JNE yang ada di tokopedia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca hingga tuntas. Terima kasih. 

18 komentar untuk "4 Fungsi Kode Booking JNE Dari Tokopedia"

  1. Gimana kalau kita lupa cantumin kode booking... Tp malah kirim manual ke JNE dan bayar ongkir manual? Apakah nanti dana dari buyer akan dikreditkan berikut biaya ongkirnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tanpa kode booking ya input manual dan bayar sesuai dengan barang yang dikirim, bukan hitungan sistem tokopedia. Untuk lebih jelas bisa tanya langsung ke mbak atau mas JNE

      Hapus
  2. Kalau pakai kode booking JNE apa penjual perlu membayar ongkir lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu dong, kan kode booking ini cuma untuk input data otomatis bukan ongkir gratis

      Hapus
    2. Klo dr tokopedia ga perlu bayar krn ongkir dr tokopedia langsung dipotong ke jne, coba iqro lebih banyak lg deh

      Hapus
    3. Intinya tetap bayar ongkir.

      Kl auto potong dr uang buyer, kita ga perlu lg bayar saat kirim. Jd saldo yg masuk yaitu sesuai harga barang yg dijual.

      Kl bayar saat kirim. Saldo yg masuk yaitu harga barang + ongkir.

      Dan konteks saya bikin artikrel ini yaitu hrs bayar di tempat bukan auto potong.

      Jadi jangan iqro teks doang deh, konteksnya juga perlu dibaca

      Hapus
  3. Berarti tinggal tunjukin kode booking aja kan ya bro? Gaperlu tulis alamat di paketnya lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gitu bisa. nanti ditempelin stiker alamat tujuan sama expedisinya.

      Tapi jika paketnya banyak, mending di tempelin alamat saja biar tidak bingung

      Hapus
  4. Berati kalau pengiriman jne tetep bayar ongkir walau ada kode boking ya kak, dan tokopedia tidak memotong otomatis ongkir toko, tidak seperti j&t yg otomatis terpotong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di cek di label pengirimannya, kalau tidak perlu bayar biasanya ada keterangan "Penjual tidak perlu bayar apapun ke kurir".

      Hapus
  5. Saya dropshp dari tokop*dia ke shop*ee, saya masukin no.resinya dari seller shpee input di tokped, jadi kode booking Tokped ga kepake ga masalh kan ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah gan, bisa masukan resi manual

      Hapus
  6. saya baru pertama kali pakai tokopedia,yg pertama pengiriman pakai jne ada kode bookingnya..tapi yg kedua pakai tiki...tidak ada kode bookingnya...apa itu manual?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau di TIKI tanpa kode booking, itu berarti harus memasukan resi secara manual

      Hapus
  7. sy ke ekspedisi lain pake kode bookinh tidak bayar lagi, hanya di jne yg bayar

    BalasHapus
  8. Kalau pembeli menggunakan JNE, ada kode booking. Tapi saya ganti kurir ke sicepat, apakah kode booking dari JNE bisa di abaikan karena ingin ganti kurir sicepat? Mohon infonya

    BalasHapus
  9. Mau tanya kak, kalau sebagai penjual kita kirim emas antam gitu, apakah bisa di terima oleh JNE nya ? karena pakai kode booking yang wajib dicantumkan, jadi mau gak mau harus ikutin ketentuan dari tokopedia karena menginput "Kode Booking" tersebut. Please reply kak :) Thanks

    BalasHapus
  10. Gan, klo pke kode booking kan sdh tidak perli input resi lagi ya? Trs kan ada tmbol Konfirmasi Pengiriman, apa iti sdh tidak prlu lagi di tekan?

    BalasHapus