Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Install Alexa Browser Extention Untuk Mengetahui Ranking Website

Alexa Browser Extention mungkin bukan barang baru lagi bagi pegiat digital marketing. Namun dalam kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan alexa browser extention atau alexa toolbar kepada teman-teman yang belum mengetahuinya, sehingga paling tidak bisa menambah wawasan.

alexa, alexa page rank, alexa toolbar, alexa browser extention, cek ranking website, cara mengetahui rangking website, ranking blog,

Jadi perlu teman-teman ketahui bahwa alexta toolbar ini merupakan ekstensi yang dapat di install di browser. Kalau saya sendiri menginstall alexa toolbar di Google Chrome, karena dari website alexa.com langsung menginstruksikan untuk install di Google Chrome.

Alexa toolbar ini dikeluarkan oleh website alexa.com, yaitu suatu perusahaan digital analytic dan membantu analisa untuk keperluan Search Engine Optimization (SEO) yang dimiliki oleh Grupnya amazon. Beberapa tools dari alexa ini bisa digunakan secara gratis, salah satunya untuk mengetahui ranking website ini.

Selain itu juga beberapa tools di alexa.com bisa digunakan secara gratis, tapi tidak full. Sehingga ingin melakukan full akses semua tools yang disediakan alexa.com, maka diwajibkan untuk berlangganan atau membayar.

Pada alexa toolbar yang ada pada google chrome, ini bersifat untuk mengecek ranking website. Jadi setiap kali teman-teman membuka atau mengakses suatu website malalui google chrome di komputer maka teman-teman akan bisa mengetahui ranking website tersebut secara global (internasional) dan juga berdasarkan negaranya.

Untuk negara, biasanya tergantung berasal dari mana visitor website tersebut. Jika mayoritas adalah orang indonesia, maka untuk ranking nasionalnya adalah indonesia.

Namun tidak memungkiri seperti website portal berita besar seperti tribunnews, detik, kompas, dan sebagainya bisa memiliki ranking di negara lain. Misalnya masuk rangking website di malaysia, singapura, dan sebagainya. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya pembaca dari negara-negara tersebut, bahkan mengalahkan website lokal disana.

Ranking di alexa biasanya fluktuatif, kadang turun dan kadang naik. Hal ini dipengaruhi banyak faktor, namun yang paling dominan yaitu website tersebut sering update atau tidak. Selain itu juga jumlah visitor pada website tersebut.

Namun antara update dan jumlah visitor ini biasanya berbanding lurus. Maksudnya suatu website jika sering update konten, maka visitornya juga akan naik. Sehingga wajar jika faktor update dan jumlah traffic sering menjadi acuan naik atau turunnya ranking di alexa.

Bahkan ranking alexa.com ini menjadi daya jual tersendiri bagi suatu website. Misalnya saja untuk portal berita atau media online. Ranking di alexa bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengiklan untuk menempatkan iklannya di website tersebut.

Bagi teman-teman yang ingin install alexa broswer extention ini bisa langsung melalui website alexa,com/toolbar atau bisa mencarinya di chrome web store.

Jadi demikian informasi singkat yang bisa saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membaca artikel ini. 

Post a Comment for "Install Alexa Browser Extention Untuk Mengetahui Ranking Website"