Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Optimasi Gambar Agar Ranking Satu Di Search Engine | Image SEO

Optimasi Gambar atau foto merupakan salah satu cara untuk meningkatkan traffic atau visitor suatu website atau blog. Perlu teman-teman ketahui bahwa search engine google selain memiliki pencarian berupa teks, juga memiliki pencarian berupa gambar. Nah, dalam tulisan kali ini saya akan berbagi cara untuk optimasi gambar agar bisa menempati posisi paling atas pada mesin pencari Google.

internet marketing, konten marketing, search engine marketing, seo, optimasi gambar, image search, pencarian gambar,
Perlu teman-teman ketahui bahwa file gambar, foto, musik, atau video tidak dapat terbaca oleh mesin pencari. Karena prinsip kerja Google search engine yaitu membaca teks, sehingga file foto atau gambar akan masuk di posisi paling atas Google tergantung salah satunya isi teks yang ada pada gambar atau foto tersebut.

Teman-teman mungkin pernah mengalami, ketika memasukan kata kunci tertentu untuk mencari gambar justru yang muncul gambar yang tidak sesuai dengan kata kunci yang teman-teman msukan. Ini salah satu contoh bahwa memang gambar apapun akan masuk ke ranking atas meski tidak sesuai. Hal ini tergantung kata kunci apa yang dimasukan dalam gambar tersebut.

Jadi jika ingin gambar atau foto yang teman-teman masukan masuk ke mesin pencari dan menempati posisi paling atas di google untuk pencarian foto, maka coba untuk melakukan optimasi dengan kata kunci tertentu pada foto atau gambar yang teman-teman unggah.

Dalam artikel ini saya mencoba untuk menunjukan cara optimasi gambar pada platform blogger.com dan juga platform wordpress.

Untuk plaform blogger ada 3 opsi untuk optimasi gambar atau foto

internet marketing, konten marketing, search engine marketing, seo, optimasi gambar, image search, pencarian gambar,

1. Tittle text

Untuk tittle text, teman-teman bisa mengisi sesuai dengan judul artikel. Selain itu juga teman-teman bisa mengisi judul sesuai yang teman-teman inginkan, yang pasti dengan mengandung kata kunci yang teman-teman targetkan.

2. Alt text

Sedangkan Alt text, teman-teman bisa mengisikan berbagai kata kunci pendek. Hal ini seperti halnya hashtag pada instagram untuk optimasi gambar untuk meningkatkan jumlah orang yang melihat.

internet marketing, konten marketing, search engine marketing, seo, optimasi gambar, image search, pencarian gambar,


3. Caption

Caption bisa ditulis deskripsi singkat dari gambar. Misalnya itu gambar apa, kapan foto diambil, dan sebagainya.


Optimasi gambar pada platform wordpress 


internet marketing, konten marketing, search engine marketing, seo, optimasi gambar, image search, pencarian gambar,


1. Alt text 

Alt text pada wordpress memiliki fungsi yang sama dengan alt text di blogger.com yaitu untuk memasukan kata kunci tertentu pada gambar.

2. Tittle

Tittle atau judul gambar di wordpress juga memiliki fungsi yang sama seperti pada blogger.com

3. Caption

Uniknya di wordpress ada opsi caption dan deskripsi. Kalau caption ini bisa di isi dengan keterangan gambar, yang nantinya akan muncul dibawah gambar di dalam suatu artikel di blog atau website. Cara kerjanya seperti pada blogger.com

4. Description

Sedangkan deskripsi gambar ini juga berisi tentang penjelasan singkat tentang gambar. Kemudian apa yang membedakan dengan caption?

Pada wordpress, deskripsi gambar ini tidak akan muncul atau terlihat pada gambar dalam suatu artikel. Namun ini bisa dilihat hanya pada gambar, misalnya teman-teman membuka gambar tersebut diluar artikel maka deskripsi gambar ini akan muncul.

Pengalaman saya bisa mengetahui deskripsi gambar ini, saat memasukan gambar ke wordpress. Jika gambar sudah pernah di isi deskrisi sebelumnya, maka akan muncul di deskripsi gambar di wordpress.

Demikian penjelasan singkat yang bisa saya sampaikan mengenai optimasi gambar di blog atau website agar bisa muncul dan menempati posisi paling atas di mesin pencari Google.  Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang telah membaca artikel ini.

5 komentar untuk "Cara Optimasi Gambar Agar Ranking Satu Di Search Engine | Image SEO"

  1. Link Building is part of your on-site SEO and crucial if you're going to leverage your blog commenting benefits. There are inbound and outbound links but as mentioned earlier, off page seo

    BalasHapus
  2. I feel happiness to read the content that you are posting.

    BalasHapus
  3. SEO Service Really your blog is very interesting.... it contains great and unique information. I enjoyed to visiting your blog. Its just amazing.... Thanks very much.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus